Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peneliti BRIN Sebut Program Ganjar Paling Jelas, Wajar Buruh Menaruh Harapan

Sabtu, 02 Desember 2023 – 10:18 WIB
Peneliti BRIN Sebut Program Ganjar Paling Jelas, Wajar Buruh Menaruh Harapan - JPNN.COM
Peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Syafuan Rozi. Foto: Supplied for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Syafuan Rozi menilai program kerja pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD lebih jelas dibandingkan paslon lainnya. Karena itu, wajar kelompok buruh menaruh harapan kepada Ganjar-Mahfud.

Hal ini disampaikan Syafuan saat merespons hasil survei Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) tentang "Elektabilitas Capres-cawapres di Kalangan Buruh" di kawasan Semanggi, Jakarta, Jumat (1/12).

"Menurut saya, apa yang ada di balik data survei LPI ini masih akan terus berkembang dinamis. Dan dalam penilaian saya, sejauh ini, baru pasangan Ganjar-Mahfud MD saja yang platform kerjanya jelas dan rasional. Nah, isu perburuhan, ketahanan pangan, penciptaan lapangan kerja dan isu ekonomi yang melingkupinya merupakan tantangan terberat yang harus dihadapi oleh pemerintahan berikutnya. Bisa jadi, faktor itu pula yang membuat dukungan publik kepada pasangan Ganjar-Mahfud semakin kuat, terkhusus dari kalangan buruh," ujar Syafuan dalam diskusi tersebut.

Menurut dia, tantangan selanjutnya yaitu kesempatan demografi. Keberlimpahan penduduk usia produktif yang diproyeksikan berlangsung hingga 2030 mendatang tentu harus direspons oleh upaya pemerintahan berikutnya dalam merespon isu ketenagakerjaan pada 2024 mendatang.

"Isu perburuhan ini memang kompleks dan saling bertemali dengan isu ekonomi, terutama inflasi. Menurut saya, penentunya terletak pada agenda kerja setiap kontestan untuk memformulasikan integrasi dan konektivitas antara sektor industri dengan penyerapan sektor tenaga kerja. Kita bisa berkaca Jepang atau China yang konsen dan kreatif dalam membangun relasi kuat antara kapasitas produksi dalam negeri selaras dengan optimalisasi sumber daya manusia penyerapan barang/jasa maupun upaya menjaga daya beli masyarakat," jelas Syafuan.

Hasil survei terbaru Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) menunjukkan pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD unggul telak dari Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam isu perburuhan dan ketenagakerjaan.

Pasangan Ganjar-Mahfud dinilai responden lebih peduli isu buruh dan tenaga kerja dibandingkan dua pasangan capres-cawapres lainnya.

"Dari survei LPI, sebanyak 68 persen publik menilai pasangan Ganjar-Mahfud MD yang paling peduli terhadap isu perburuhan dan ketenagakerjaan. Di urutan kedua, ada pasangan Anies-Cak Imin sebesar 12,5 persen, sedangkan di urutan ketiga pasangan Prabowo-Gibran dengan 10,75 persen, sementara yang tidak menjawab sebesar 8,75 persen," ujar Wakil Direktur LPI Ali Ramadhan.

Menurut Peneliti BRIN, wajar kelompok buruh menaruh harapan kepada Ganjar-Mahfud.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   BRIN  Ganjar  Mahfud  Buruh 
BERITA LAINNYA
X Close