Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengacara Terdakwa Kasus Kebakaran Gedung Kejagung Merespons Keterangan Saksi Ahli JPU, Begini Kalimatnya

Senin, 22 Februari 2021 – 20:38 WIB
Pengacara Terdakwa Kasus Kebakaran Gedung Kejagung Merespons Keterangan Saksi Ahli JPU, Begini Kalimatnya - JPNN.COM
Pengacara enam terdakwa kasus kebakaran Gedung Utama Kejagung RI, Arnold JP Nainggolan. Foto: Fransiskus Adryanto Pratama/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Arnold JP Nainggolan, pengacara dari enam terdakwa dugaan kelalaian hingga menyebabkan kebakaran Gedung Utama Kejagung RI, mempertanyakan penggunaan teori Probability Approach atau pendekatan kemungkinan dalam menentukan kebakaran gedung tersebut.

Arnold menyampaikan hal itu untuk merespons keterangan saksi ahli yang dihadirkan JPU, yakni Kasubdit dari Puslabfor Polri, Nurcholis.

Menurut Arnold, penyidik dalam menentukan kebakaran di gedung tersebut hanya didasarkan pada sejumlah kemungkinan belaka.

Oleh karena itu, lanjut dia, bisa saja kebakaran itu bukan terjadi karena adanya bara dari puntung rokok, sebagaimana yang didakwakan Jaksa pada kliennya.

"Apa tujuan kami dari (menanyakan) teori kemungkinan itu bahwasanya ahli (menyebut) masih memungkinkan kebakaran gedung ini terjadi akibat bara atau memang nyala api. Ahlinya sendiri masih mungkin-mungkin, jadi belum pasti masih mengira-ngira atau menebak-nebak bahasanya," ungkapnya usai ditemui di PN Jaksel, Senin (22/2/2021).

Oleh karena itu, kata Arnold, belum ada kepastian dalam menentukan penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

Lebih lanjut, saksi ahli Nurcholis juga menjelaskan, tak ada puntung rokok yang ditemukan saat Puslabfor Polri melakukan olah TKP di lokasi.

Atas dasar itu, pengacara mempertanyakan apakah puntung rokok itu menjadi abu, di mana bara rokok itu disebut-sebut menjadi penyebab terjadinya kebakaran di gedung tersebut.

Pengacara enam terdakwa dugaan kelalaian hingga menyebabkan Gedung Utama Kejagung RI, Arnold JP Nainggolan merespons keterangan keterangan Saksi Ahli dari JPU.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close