Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengamat Sebut Syaifuddin Zuhri Pantas jadi Ketua DPRD Surabaya

Minggu, 18 Agustus 2019 – 12:20 WIB
Pengamat Sebut Syaifuddin Zuhri Pantas jadi Ketua DPRD Surabaya - JPNN.COM
Syaifuddin Zuhri bersama Puti Guntur Soekarno saat pose bareng di masa Pilgub Jatim tahun lalu. Foto: Istimewa

jpnn.com, SURABAYA - Syaifuddin Zuhri masuk bursa Ketua DPRD Kota Surabaya. Mantan Sekretaris DPC PDI Perjuangan di Kota Pahlawan itu menjadi salah seorang calon potensial sebagai jalan tengah di antara faksi-faksi di tubuh partai banteng tersebut.

“PDIP Surabaya ini kan sedikit sedang ada disrupsi, ada pola yang berbeda dari kemapanan yang sudah berlangsung selama ini. Syaifuddin Zuhri bisa saja muncul sebagai calon alternatif di tengah situasi itu,” kata pengamat politik dari Universitas Airlangga Suko Widodo dalam keterangan tertulis, Minggu (18/8).

Suko tidak yakin bahwa calon terkuat hanya dari unsur ketua, sekretaris, dan bendahara DPC PDI Perjuangan Surabaya, yang itu berarti Adi Sutarwijono, Baktiono, dan Dyah Katarina.

Sebab, menurut Suko, disrupsi yang terjadi setelah Whisnu Sakti Buana lengser justru menguatkan beberapa faksi dalam tubuh PDIP Surabaya.

Apalagi, kata Suko, faksi Tri Rismaharini juga makin menguat seiring masuknya dia sebagai ketua DPP.

“PDIP ini termasuk partai dengan garis struktural dari pusat ke daerah sangat kuat. Memang, Bu Risma sekarang sudah di DPP. Namun, belum tentu dia punya orang di DPC karena dia termasuk baru di sana. Makanya, dalam situasi seperti ini, perlu ada nama lain sebagai jalan tengah,” katanya.

BACA JUGA: PDI Perjuangan Sedang Kumpulkan Nama yang Cocok

"Jika tak diakhiri (disrupsi), situasinya bakal lebih runyam. Efeknya bakal lebih buruk jika terus terjadi sampai pilwali,” imbuh Suko.

Mantan Sekretaris DPC PDI Perjuangan di Kota Pahlawan itu dianggap cocok menjadi Ketua DPRD Kota Surabaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close