Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengangkatan PPPK jadi Ikhtiar Pemkab Kapuas Hulu Mengatasi Kekurangan Guru

Sabtu, 13 Juli 2024 – 14:30 WIB
Pengangkatan PPPK jadi Ikhtiar Pemkab Kapuas Hulu Mengatasi Kekurangan Guru - JPNN.COM
Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan foto bersama dengan siswa sekolah dasar saat meresmikan salah satu gedung Sekolah Merah Putih di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. ANTARA/HO-Prokopim Setda Kapuas Hulu

jpnn.com - KAPUAS HULU - Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, terus berupaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan di daerah terpencil.

Caranya, antara lain, memenuhi kekurangan guru melalui pengangkatan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), dan membangun fasilitas sekolah di wilayah tersebut.

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mengatakan bahwa penempatan guru PPPK itu tersebar di masing-masing sekolah yang membutuhkan.

"Termasuk untuk daerah terpencil dan di pelosok," kata Fransiskus di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar, Sabtu (13/7).

Data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu menyebutkan para guru tersebar di 278 desa dan empat kelurahan di 23 kecamatan Kabupaten Kapuas Hulu.

Meliputi sekolah dasar (SD) 1.554 guru PNS yang tersebar di 405 sekolah, terdiri atas 391 sekolah negeri dan 14 sekolah swasta dengan total peserta didik 28.711 siswa.

Tingkat sekolah menengah pertama (SMP) 504 guru PNS tersebar di 101 sekolah terdiri atas 95 sekolah negeri dan enam sekolah swasta dengan total peserta didik 11.407 siswa.

Pada 2024, kuota penerimaan tenaga pendidik melalui PPPK tercatat 1.126 formasi dari total 3.071 formasi CPNS dan PPPK yang disetujui pemerintah pusat.

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mengatakan penempatan guru PPPK itu tersebar di masing-masing sekolah yang membutuhkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close