Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengisian e-CD Bisa Lebih Awal, Bukti Pelayanan Bea Cukai Makin Optimal

Kamis, 31 Agustus 2023 – 17:05 WIB
Pengisian e-CD Bisa Lebih Awal, Bukti Pelayanan Bea Cukai Makin Optimal - JPNN.COM
Tercatat sudah ada 10 bandara internasional di Indonesia yang telah menggunakan layanan e-CD hingga Agustus 2023, baik secara mandatory atau piloting. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Buat kamu yang sering bolak-balik luar negeri pasti tidak asing mendengar istilah customs declaration.

Ya, customs declaration merupaan pemberitahuan pabean atas impor barang yang dibawa penumpang atau awak sarana pengangkut yang wajib diisi sebelum masuk ke wilayah Indonesia.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mengisi customs declaration?

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Encep Dudi Ginanjar menyampaikan pengisian customs declaration wajib dilakukan setiap penumpang dari luar daerah pabean Indonesia.

Hal ini sesuai ketentuan dalam PMK Nomor 203/PMK.04/2017 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Barang Bawaan Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut.

"Demi perbaikan layanan dan mempermudah pengisiannya, Bea Cukai pun meluncurkan inovasi pengisian customs declaration dalam bentuk digital atau disebut electronic customs declaration (e-CD) yang telah hadir sejak 2022 lalu," kata Encep melalui keterangan resminya, Kamis (31/8).

Encep mengungkapkan pengisian e-CD dapat dilakukan sejak 2 hari sebelum kedatangan penumpang melalui tautan https://ECD.beacukai.go.id/.

Para penumpang harus melengkapi data isian yang diperlukan hingga muncul quick response code (QR code), kemudian pindai QR code tersebut di area pemeriksaan Bea Cukai saat di bandara kedatangan.

Pengisian e-CD dapat dilakukan sejak 2 hari sebelum kedatangan penumpang melalui tautan https://ECD.beacukai.go.id/

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close