Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penyidik KPK Dinilai Ugal-ugalan Merampas Ponsel dan Barang Sekjen PDIP

Minggu, 16 Juni 2024 – 22:33 WIB
Penyidik KPK Dinilai Ugal-ugalan Merampas Ponsel dan Barang Sekjen PDIP - JPNN.COM
Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo menduga penyitaan ponsel milik Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyalahi prosedur. FOTO: Ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo menduga penyitaan ponsel milik Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyalahi prosedur.

Ari menyetujui pendapat mantan Wakapolri Komjen (purn) Oegroseno yang menyatakan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Kompol Rossa Purbo Bekti bisa dijerat pidana dan diproses etik karena merampas ponsel dan dokumen PDI Perjuangan dari Hasto yang berstatus sebagai saksi.

"Memang yang diperiksa Pak Hasto sebagai sekjen dan itu pun sebagai saksi. Kemudian itu, kan, subjek hukumnya berbeda antara Pak Hasto dan Pak Kusnadi, asistennya. Ini, kan, jelas memang terjadi pelanggaran prosedur. Saya melihat ini tindakan penyidikan KPK sudah ugal-ugalan," kata dia saat dihubungi, Minggu (16/6).

Menurut Ari, perampasan dan ugal-ugalannya penyidik KPK saat memeriksa Hasto apalagi asistennya yang tak dipanggil sebagai saksi, jelas menambah masalah etik yang sudah menimpa baik pimpinannya bahkan pengawai di lembaga antirasuah itu.

"Jadi, memang persoalan pelanggaran prosedur ini sudah masuk pada pelanggaran etik. Dan memang saya pikir pimpinan KPK perlu turun tangan, Dewas KPK perlu melakukan penyelidikan etik dan melakukan putusan etik atas ini," tutur dia.

Selain itu, Ari juga memandang, penyitaan barang harus persetujuan Dewas. "Mengapa kemudian berani melakukan langkah-langkah yang kemudian ugal-ugalan," jelasnya.

Ari melanjutkan perlu dilakukan penyelidikan bukan hanya kepada penyidik KPK saja. Namun, perlu dicari alur komando dari mana yang kemudian memerintahkan penyidik Rossa Purbo Bekti melakukan tindakan melawan hukum dengan melakukan perampasan atas HP, dokumen, dan tas Sekjen PDIP.

"Apalagi buku rahasia itu, kan, buku catatan pribadi sekjen tentu itu top secret-nyalah hal-hal yang penting di partai. Itu, kan, bukan lagi privat, tetapi privat dan penting buat partai, rahasia partai di sana. Tentu ini adalah hal yang memungkinkan buat saya aroma politik yang sangat-sangat kencang," sambungnya.

Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo menduga penyitaan ponsel milik Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyalahi prosedur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close