Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peran Perguruan Tinggi Sangat Sentral, Bahkan Mengalahkan Militer

Minggu, 17 Juli 2022 – 14:54 WIB
Peran Perguruan Tinggi Sangat Sentral, Bahkan Mengalahkan Militer - JPNN.COM
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberi pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan pada 2022 yang dipusatkan di Universitas Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Minggu (17/7). Foto: DPP PDIP

jpnn.com, PALANGKARAYA - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menilai perguruan tinggi memiliki peran penting dalam mewujudkan kepentingan nasional Indonesia, bahkan dibanding militer sekalipun.

“Politik, sains, dan teknologi, teritorial dan demografi menempati peran penting dan signifikan dibandingkan militer, koeksistensi damai dan sumber daya alam,” kata Hasto saat memberi pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan pada 2022 yang dipusatkan di Universitas Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Minggu (17/7).

Doktor Ilmu Pertahanan itu menyatakan hal itu berdasarkan pada teori geopolitik Bung Karno yang merupakan hasil riset di Universitas Pertahanan (Unhan) RI.

Dia menerangkan perguruan tinggi memiliki peran yang sangat penting bagi kemajuan bangsa.

Semisal, Universitas Palangkaraya, harus dibangun atas cara pandang geopolitik. Dengan cara pandang ini, maka kultur, adat istiadat, dan seluruh aspek geografis harus menjadi fokus pengembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi, melalui riset dan inovasi.

“Melalui pemahaman terhadap teritorial ini, bagaimana flora dan fauna dapat dibudidayakan dengan baik. Bagaimana seluruh keanekaragaman pohon-pohonan, sumber-sumber pangan, serta kebudayaan masyarakat Kalimantan dapat dikembangkan atas cara pandang geopolitik,” urainya.

Selain itu, lanjut dia, perguruan tinggi harus terdepan di dalam meningkatkan kualitas kepemimpinan manusia Indonesia.

Di dalam pendidikan tinggi inilah sistem merit dikembangkan dalam penempatan jabatan strategis.

Perguruan tinggi harus terdepan di dalam meningkatkan kualitas kepemimpinan manusia Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close