Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peran Strategis Bea Cukai Sebagai Garda Pembangunan

Sabtu, 29 September 2018 – 11:22 WIB
Peran Strategis Bea Cukai Sebagai Garda Pembangunan - JPNN.COM
Petugas Bea Cukai. Foto: dok. humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Peran strategis Bea Cukai sebagai garda pembangunan dan modernisasi dalam berbagai aspek kehidupan terus digalakkan. Sebagai langkah nyata mencapai nawa cita untuk menuju Indonesia yang berdaulat secara politik, serta mandiri dalam bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Untuk meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional, serta mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik, Bea Cukai dituntut untuk bisa memberikan pelayanan yang optimal serta memberikan fasilitas kepada industri dalam negeri sehingga bisa berdaya saing tinggi.

Berbagai langkah strategis dan inovatif telah dilakukan oleh Bea Cukai untuk menjadi institusi yang kredibel.

Mendukung program inovatif dan strategis tersebut, Bea Cukai secara konsisten juga melakukan pengawasan secara efektif terhadap berbagai pelanggaran di sektor kepabeanan dan cukai.

Jumlah penindakan terhadap keluar-masuknya barang ilegal, seperti narkoba, flora dan fauna yang dilindungi, dan barang-barang terkait kegiatan terorisme serta kejahatan internasional lainnya, dan peredaran barang kena cukai ilegal, naik secara signifikan setiap tahun.

Peran Strategis Bea Cukai Sebagai Garda Pembangunan

INFOGRAFIS BEA CUKAI

Penindakan yang berhasil dilakukan Bea Cukai sepanjang tahun 2017 menembus angka 24.337 kasus, dengan perkiraan nilai barang Rp7,051 Triliun.

Bea Cukai kian meningkatkan pengawasan cukai ilegal dari tahun ke tahun dengan mencanangkan program Penertiban Cukai Berisiko Tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close