Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peringati HAN 2022, Menaker Ida Fauziyah Ajak Wujudkan Indonesia Maju Tanpa Pekerja Anak

Sabtu, 23 Juli 2022 – 22:02 WIB
Peringati HAN 2022, Menaker Ida Fauziyah Ajak Wujudkan Indonesia Maju Tanpa Pekerja Anak - JPNN.COM
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengajak semua pihak mewujudkan Indonesia maju tanpa pekerja anak di peringatan Hari Anak Nasional atau HAN 2022, Sabtu (23/7). Foto: Dokumentasi Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah kembali mengajak berbagai pihak, terutama orang tua untuk bersama-sama dengan pemerintah berperan aktif dalam upaya menanggulangi pekerja anak.

Ajakan itu kembali disampaikan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2022.

"Saya ingin kembali mengajak untuk memperkuat peran aktif pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha, serikat pekerja atau serikat buruh, masyarakat, dan terutama orang tua untuk membebaskan anak-anak kita dari belenggu pekerjaan yang belum menjadi tanggung jawab mereka," kata Menaker Ida Fauziyah, Sabtu (23/7).

Menaker Ida Fauziyah menyayangkan masih ada orang tua yang dengan dalih ekonomi memaksa anaknya terlibat dalam bentuk-bentuk pekerjaan.

Bahkan ironisnya keterlibatan anak-anak itu di dalam pekerjaan yang membahayakan keselamatan, kesehatan, dan tumbuh kembangnya.

Padahal, anak berhak memperoleh jaminan atas perlindungan untuk tumbuh dan berkembang secara sehat dan wajar baik dalam hal jasmani dan rohani maupun sosial dan intelektualnya.

Dia membeberkan dalam upaya menghapus pekerja anak, Kemnaker telah melakukan beberapa hal.

Pertama, meningkatkan pemahaman melalui sosialisasi kepada dunia usaha dan masyarakat tentang bentuk-bentuk pekerjaan terburuk untuk anak (BPTA).

Peringati HAN, Menaker Ida Fauziyah mengajak semua pihak mewujudkan Indonesia maju tanpa pekerja anak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close