Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peringati Harpelnas, PNM Dorong Pelaku UMKM Terapkan Keramahan dalam Pelayanan

Rabu, 04 September 2024 – 21:03 WIB
Peringati Harpelnas, PNM Dorong Pelaku UMKM Terapkan Keramahan dalam Pelayanan - JPNN.COM
PNM mengajak pelaku usaha ultra mikro dan UMKM memberikan apresiasi kepada pelanggan dalam rangka memperingati Harpelnas 2024. Foto: Dokumentasi PNM

jpnn.com, JAKARTA - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mengajak pelaku usaha ultra mikro dan UMKM memberikan apresiasi kepada pelanggan dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2024.

Sekretaris Perusahaan PNM L. Dodot Patria Ary mengatakan apresiasi yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pelayanan prima dan menerapkan hospitality atau keramahan.

Saat ini, kata Dodot, keramahan menjadi salah satu aspek yang perlu diasah dan diterapkan oleh pelaku usaha khususnya nasabah PNM Mekaar.

Sebab, diyakini dapat membantu memenangkan hati pelanggan dan meningkatkan kepuasan mereka yang berujung pada peningkatan pembelian.

“Tantangan besar bagi pelaku UMKM untuk dapat menonjol di persaingan pasar yang sengit. Hospitality bisa dimulai dengan menyapa dan senyum ramah saat melayani pembeli. Tinggalkan kesan yang baik agar mereka nyaman dan mau menjadi langganan,” kata Dodot dikutip Rabu (4/9).

Menurut Dodot, UMKM juga dapat mencontoh dan belajar dari bisnis yang sudah besar dalam memberikan pelayanan.

"Meskipun skala usaha mikro tapi pelayanan harus berupaya menyesuaikan standar makro,” tambahnya.

Lebih lanjut Dodot menyampaikan, penerapan hospitality tidak hanya menjadi kunci dalam menjaga loyalitas pelanggan, tetapi juga menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan pertumbuhan usaha.

PNM mengajak pelaku usaha ultra mikro dan UMKM memberikan apresiasi kepada pelanggan dalam rangka memperingati Harpelnas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA