Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Persekusi hingga Konfrontasi Bukan Jihad, Jangan Salah Kaprah

Sabtu, 16 April 2022 – 04:11 WIB
Persekusi hingga Konfrontasi Bukan Jihad, Jangan Salah Kaprah - JPNN.COM
Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Sunanto. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Sunanto menilai sejumlah pihak akhir-akhir ini salah kaprah memaknai jihad. Menurut pria yang akrab disapa Cak Nanto itu, mereka mempersempit makna jihad hanya untuk fisik semata, sehingga tujuannya sangat berbahaya dan mengancam keamanan dan kenyamanan kehidupan berbangsa dan beragama.

“Banyak perkembangan akhir-akhir ini terkait makna jihad yang selalu menempatkan dengan jihad fisik, padahal hakikat jihad yang sebenarnya adalah berjuang," kata Cak Nanto dalam talkshow Inspirasi Ramadan bertajuk ‘Memahami Jihad yang Sebenarnya’ di akun BKN PDI Perjuangan di YouTube, Jumat (15/4).

Cak Nanto menilai jihad merupakan salah satu pilar dan dasar syariat Islam yang mempunyai kedudukan sangat mulia.

Oleh karena itu, Cak Nanto memandang penting untuk memahami konsep jihad secara utuh. Dia menilai perlu memurnikan kembali makna jihad sebagaimana dengan tuntunan syariat Islam.

Menurut dia, jihad dalam bahasa Arab berarti sungguh-sungguh, mempunyai makna dan konteks yang sangat luas. Dia memandang segala sesuatu yang dilakukan secara sungguh-sungguh akan bermakna jihad.

"Berjuang dengan sungguh-sungguh terhadap apa yang dicintai dengan nilai dan karena rida Allah, upaya mendapatkan rida Allah, itu namanya jihad," lanjut Cak Nanto.

Dia kemudian menjelaskan terkait penerapan dari pedaran makna tentang jihad dalam konteks berbangsa.

Menurut dia, Indonesia memegang prinsip negara kesepakatan. Kehadiran Indonesia dan segala dasarnya merupakan hasil dari suatu konsensus atau kesepakatan nasional.

Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Sunanto menilai menopang satu sama lain meskipun berbeda ialah bentuk jihad yang paling utama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close