Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pertamina dan Isuzu Raih Penghargaan AIBP Innovation Awards 2024

Kamis, 08 Agustus 2024 – 04:09 WIB
Pertamina dan Isuzu Raih Penghargaan AIBP Innovation Awards 2024 - JPNN.COM
Pertamina dan Isuzu Raih Penghargaan AIBP Innovation Awards 2024. Foto: AIBP

jpnn.com, JAKARTA - Ajang penghargaan ASEAN Innovation Business Platform (AIBP) Enterprise Innovation Awards menerima 113 nominasi dari beragam organisasi publik dan perusahaan swasta di seluruh kawasan Asia Tenggara.

Ada 56 proyek di antaranya terpilih sebagai finalis dalam ajang tahunan yang diselenggarakan di Jakarta, pada 6 - 7 Agustus 2024.

Acara yang didukung Kominfo ini menyoroti kemajuan digital, sekaligus mengatasi tantangan yang dihadapi perusahaan lokal dan organisasi layanan publik dalam mengadopsi transformasi digital.

Sejak 2017, ajang ini memberi penghargaan kepada organisasi-organisasi berbasis di Asia Tenggara yang memulai proyek-proyek untuk mentransformasikan bisnis mereka secara digital melalui penerapan teknologi inovatif.

CEO AIBP Irza Suprapto mengatakan, lebih dari 40% nominasi yang terkumpul melibatkan beberapa aspek teknologi kecerdasan buatan (AI) atau pembelajaran mesin (ML).

"Banyak organisasi di Asia Tenggara, khususnya bisnis yang berhubungan dengan konsumen, sedang menjajaki penggunaan AI/ML," kata Irza Suprapto, dalam keterangannya, Rabu (7/8).

Pertamina dan Isuzu Astra Motors Indonesia menjadi pemenang dari Indonesia untuk kategori Data dan AI, serta kategori Open dalam ajang tersebut.

Proyek yang berjasa memenangkan Pertamina berfokus pada penjagaan ketahanan energi nasional. Untuk mengatasi penyalahgunaan dan penipuan dalam distribusi BBM bersubsidi, Pertamina meluncurkan platform INOVASI yang didukung oleh big data analitik dan AI.

Pertamina dan Isuzu Astra Motors menjadi pemenang dari Indonesia di ajang AIBP Innovation Awards 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA