Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pertamina Paparkan Strategi Menjadi Pemimpin Regional Bisnis CCS di Forum IICCS 2024

Kamis, 01 Agustus 2024 – 10:52 WIB
Pertamina Paparkan Strategi Menjadi Pemimpin Regional Bisnis CCS di Forum IICCS 2024 - JPNN.COM
Direktur SPPU Pertamina A. Salyadi Saputra menjadi narasumber pada acara 'International & Indonesia CCS Forum 2024' yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Rabu (31/7). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) memaparkan strategi menjadi pemimpin regional bisnis penangkapan dan penyimpanan karbon (CCS) dalam Forum Internasional & Indonesia CCS (IICCS) 2024 di Jakarta Convention Center, Senayan, Rabu (31/7.

Aspirasi Pertamina dalam pengembangan bisnis Carbon Capture Storage (CCS) didasarkan pada potensi penyimpanan CO2 yang besar di Indonesia dengan kapasitas lebih dari 570 gigaton, terutama di cekungan akuifer asin.

Pertamina telah menyusun roadmap atau peta jalan bisnis CCS hingga tahun 2060.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendukung penuh terhadap inisiatif pengembangan bisnis CCS Pertamina.

"Peraturan Presiden nomor 14 tahun 2024 tentang kegiatan CCS menunjukkan komitmen dan keseriusan kita dalam menerapkan teknologi tersebut sebagai bagian dari inisiatif dekarbonisasi pemerintah," kata Menko Luhut.

Menko Luhut menegaskan pemerintah akan mendukung regulasi dan kemitraan yang kuat untuk keberhasilan implementasi CCS.

"Kami memahami CCS memerlukan dukungan dari banyak pihak. Oleh karena itu, kami memimpin upaya penerapan CCS di Asia untuk mempercepat regulasi turunan yang diperlukan," terangnya.

Luhut juga menggarisbawahi potensi CCS sebagai bisnis yang menjanjikan dalam waktu dekat dengan mengundang investasi asing untuk berpartisipasi dalam proyek-proyek di Kalimantan dan daerah lainnya.

Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha Pertamina A. Salyadi menjadi pembicara pada forum internasional IICCS 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA