Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pesan Penting Menteri LHK Siti Nurbaya kepada Negosiator RI di COP29

Minggu, 04 Agustus 2024 – 17:16 WIB
Pesan Penting Menteri LHK Siti Nurbaya kepada Negosiator RI di COP29 - JPNN.COM
Menteri LHK Siti Nurbaya dalam "Kick-off Persiapan Delegasi Indonesia menuju COP29" di Jakarta, Jumat (2/8/2024). Foto: ANTAR/HO-KLHK

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya berharap negosiator untuk Konferensi Tingkat Tinggi PBB Mengenai Perubahan Iklim ke-29 (COP29) dapat mencari celah menempatkan Indonesia di posisi terbaik, salah satunya terkait pendanaan.

Menurut keterangan Kementerian LHK di Jakarta, Sabtu (3/8), Menteri LHK menyampaikan Azerbaijan dalam presidensi COP29 mencanangkan tema In a solidarity for a green world atau solidaritas untuk dunia yang hijau berfokus pada kebutuhan untuk berinvestasi hari ini demi menyelamatkan masa depan.

Dalam pertemuan "Kick-off Persiapan Delegasi Indonesia menuju COP29" di Jakarta, Jumat lalu (2/8), Siti Nurbaya menjelaskan perencanaan investasi itu berdasarkan dua pilar.

Dua pilar dimaksud, yakni berfokus pada penggabungan elemen-elemen kunci memastikan semua pihak berkomitmen pada rencana nasional ambisius dan transparansi serta mencerminkan peran penting pendanaan sebagai alat utama mengubah ambisi menjadi tindakan.

Dari penekanan Presidensi COP29 pada isu-isu negosiasi tersebut, Siti mengharapkan negosiator Indonesia dapat memperoleh gambaran terkait negosiasi di COP29 dan sekaligus mencermati lebih mendalam perkembangan selama periode inter-sessional menjelang COP29.

Dia juga meminta para negosiator mencari celah dan peluang untuk menempatkan Indonesia pada posisi yang terbaik berdasarkan kepentingan nasional Indonesia.

"Mengapa ini sangat ditekankan Indonesia. Karena kita mendukung hal yang sama dengan Azerbaijan dalam terwujudnya peningkatan aliran pendanaan yang mendukung transisi yang adil dan merata menuju pembangunan rendah emisi GRK dan tangguh iklim," katanya.

Indonesia telah memperlihatkan langkah nyata dalam ambisi menurunkan emisi karbon dan telah diakui dunia internasional sebagai negara "super power" dalam pengendalian perubahan iklim, tuturnya.

Menteri LHK Siti Nurbaya menyampaikan pesan penting kepada negosiator RI untuk Konferensi Tingkat Tinggi PBB Mengenai Perubahan Iklim ke-29 atau COP29.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA