Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pesan WHO Untuk Negara yang Membatasi Gerak Warga Selama Pandemi Corona

Selasa, 31 Maret 2020 – 22:42 WIB
Pesan WHO Untuk Negara yang Membatasi Gerak Warga Selama Pandemi Corona - JPNN.COM
Ilustrasi pandemi virus corona. Foto: diambil dari Marca

jpnn.com, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan negara-negara di dunia menjamin martabat dan kesejahteraan warganya saat menerapkan pembatasan aktivitas dan pergerakan, demi menekan penyebaran virus corona penyebab penyakit COVID-19.

"Kami memahami banyak negara saat ini menerapkan kebijakan yang membatasi kegiatan dan pergerakan warga. Penting bagi negara-negara itu untuk menghormati martabat dan kesejahteraan warga. Penting bagi pemerintah untuk menyampaikan informasi periode waktu pembatasan tersebut, serta menyediakan jaminan hidup untuk warga lanjut usia, pengungsi, dan kelompok yang rentan," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Ghebreyesus dalam sesi pengarahan harian di Jenewa, Swiss, Senin (30/3).

Ia menjelaskan pemerintah negara-negara di dunia wajib menjamin kesejahteraan warga yang kehilangan sumber pendapatannya selama pembatasan itu diterapkan.

"Pemerintah wajib menjamin kesejahteraan mereka yang membutuhkan uang untuk membeli makanan, perlengkapan sanitasi, dan kebutuhan mendasar lainnya," tambah dia.

Dalam kesempatan itu, Ghebreyesus mengatakan perhatian lebih diberikan ke negara-negara berpendapatan rendah dan menengah yang sebagian besar berada di wilayah Afrika, Asia, dan Amerika Selatan.

"Beberapa negara memiliki sistem jaminan sosial yang kuat, tetapi banyak yang tidak. Saya berasal dari Afrika, sebagaimana Anda tahu, dan saya tahu banyak orang yang harus bekerja tiap harinya untuk membeli roti, dan pemerintah di seluruh negara perlu memikirkan jaminan hidup bagi kelompok ini," terang Ghebreyesus.

Ia pun menjelaskan lockdown, atau penutupan/karantina secara menyeluruh yang membatasi aktivitas serta pergerakan warga, bukan satu-satunya langkah yang bisa menekan penularan virus.

Namun, kebijakan pembatasan perlu diikuti dengan penguatan sistem kesehatan.

WHO mengingatkan bahwa pemerintah wajib menjamin kesejahteraan mereka yang membutuhkan uang untuk membeli makanan selama gerakannya dibatasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close