Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Petani Food Estate: Kami Betul-betul Dikawal Teman-teman dari Kementan

Senin, 22 Februari 2021 – 16:02 WIB
Petani Food Estate: Kami Betul-betul Dikawal Teman-teman dari Kementan - JPNN.COM
Food Estate di Humbang Hasundutan, Sumatera Utara menunjukkan hasil. Petani merasa benar-benar dikawal Kementan. Foto: Kementan.

jpnn.com, HUMBAHAS - Food Estate Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, yang berbasis komoditas hortikultura sudah mulai menunjukkan hasil.

Ada 215 hektare areal yang sudah dikembangkan dan ditanami bawang merah, bawang putih serta kentang.

Salah satu kunci keberhasilan program Food Estate ada pada kegigihan para petani yang berjuang bersama tim baik dari Kementerian Pertanian, pemerintah daerah maupun pihak lain.

Kerja keras mereka menjawab adanya tudingan sumir yang menganggap program Food Estate belum berhasil.

“Sah-sah saja orang bilang ini gagal total namun saya yang menanam di sini, tidak mau dibilang gagal,” ujar petani dari Kelompok Tani Ganda Mersada, Jhon Les Lumban Gaul saat ditemui di lahannya, Kamis (18/2).

Jhon Les mengatakan beberapa lahan memang ada yang tidak tumbuh maksimal. Namun, ia menegaskan pertumbuhan tanaman yang dimilikinya sangat bagus.

“Meski demikian, coba lihat sendiri pertanaman yang saya miliki ini. Pertumbuhannya bagus, saya dan istri saya merawat setiap harinya. Lahan saya belum panen makanya kalau dibilang gagal itu salah,” kata Jhon.

Jhon yang saat itu bersama dengan anak-anaknya yang masih kecil menyebutkan tantangan terberatnya adalah cuaca termasuk saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.

Salah satu kunci keberhasilan program Food Estate ada pada kegigihan para petani yang berjuang bersama tim baik dari Kementerian Pertanian, pemerintah daerah maupun pihak lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close