Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pilgub Sumut, PDIP & PKS Diprediksi Bakal Bersatu Melawan Bobby Menantu Jokowi

Jumat, 12 Juli 2024 – 19:15 WIB
Pilgub Sumut, PDIP & PKS Diprediksi Bakal Bersatu Melawan Bobby Menantu Jokowi - JPNN.COM
Bobby Nasution. Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com - Pengamat politik Karyono Wibowo memprediksi PDI Perjuangan bakal membangun poros politik untuk Pilkada Gubernur Sumatera Utara (Pilgub Sumut) 2024 dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Menurutnya, jika kerja sama dua partai itu terwujud, jagoan yang akan diusung bakal berhadapan dengan Wali Kota Medan Bobby Nasution.

"Jika PDI Perjuangan dan PKS berkoalisi, bisa mengusung pasangan cagub yang kemungkinan akan berhadapan head to head melawan Bobby," kata Karyono kepada awak media, Jumat (12/7).

Dia mengalkulasi sosok Edy Rahmayadi kemungkinan besar diusung sebagai Cagub Sumut 2024 ketika PDI Perjuangan dan PKS bekerja sama.

"Kemungkinan sosok Edy Rahmayadi menjadi pilihan PDI Perjuangan untuk menandingi Bobby yang didukung oleh koalisi besar KIM Plus," kata Karyono.

Dia melanjutkan sosok Edy dianggap tepat untuk bertanding melawan Bobby yang juga menantu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Edy, kata Karyono, lebih pas diusung sebagai Cagub Sumut 2024 ketimbang kerja sama PDIP mengajukan figur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Dia menyebut sosok Ahok yang populer kurang pas maju di Sumut yang masyarakatnya secara sosiologis kurang bisa menerima eks Gubernur Jakarta itu.

Pengamat politik Karyono Wibowo memprediksi PDIP dan PKS bakal bersatu di Pilgub Sumut menghadapi Bobby Nasution menantu Jokowi. Begini analisisnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close