Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pilih Solar Berkualitas, Suara Kendaraan Lebih Halus dan Hemat

Selasa, 22 Oktober 2019 – 22:22 WIB
Pilih Solar Berkualitas, Suara Kendaraan Lebih Halus dan Hemat - JPNN.COM
Bahan bakar minyak (BBM) yang disiapkan Pertamina. Foto dok Humas Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Berbagai komunitas otomotif menyarankan pemilik kendaraan bermesin diesel memakai solar berkualitas.

Pasalnya, spesifikasi mesin keluaran terbaru memang disesuaikan dengan BBM berkualitas, seperti Dexlite dan Pertamina Dex.

"Sejak 2016, ada anjuran dari pabrik mobil untuk menggunakan BBM berkualitas. Jadi kebanyakan pasti menggunakan Pertamina Dex atau minimal Dexlite," kata Ketua Umum Pajero Indonesia One (PI1) Wahyu Hariadi, Selasa (22/10).

Menurut Wahyu, solar berkualitas seperti Dexlite dan Pertamina Dex memang sudah dirancang untuk kendaraan bermotor bermesin diesel keluaran terbaru.

Karena itulah, kendaraan bermotor akan secara otomatis mengeluarkan penanda apabila bahan bakar yang digunakan tidak sesuai dengan ketentuan.

"Check engine akan otomatis menyala ketika diisi dengan bahwa bakar kualitas rendah," kata Wahyu.

Sebagaimana rekomendasi pabrikan, penggunaan bahan bakar minyak (BBM) berkualitas memang sangat dirasakan manfaatnya, tambahnya, terlebih ketika sedang melakukan perjalanan jarak jauh.

"Jika menggunakan bahan bakar yang tidak berkualitas, maka filter solar akan jadi lebih sering bermasalah. Pembuangan asap kendaraan juga akan jadi hitam pekat seperti metromini karena pembakarannya yang tidak sempurna," kata dia.

Jika menggunakan bahan bakar yang tidak berkualitas, maka filter solar akan jadi lebih sering bermasalah. Pembuangan asap kendaraan juga akan jadi hitam pekat seperti metromini karena pembakarannya yang tidak sempurna.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close