Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PKS Persoalkan SE Menag tentang Penggunaan Pengeras Suara saat Ramadan

Jumat, 08 Maret 2024 – 20:20 WIB
PKS Persoalkan SE Menag tentang Penggunaan Pengeras Suara saat Ramadan - JPNN.COM
Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI Jazuli Juwaini. Foto: Fraksi PKS DPR RI.

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menyayangkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang menyoal kembali Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 05 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala yang terbit 18 Februari 2022 lalu, dalam menyambut Ramadan tahun ini. 

Menurut dia, fokus menag pada SE tersebut bisa mengusik toleransi yang sudah baik selama ini, khususnya dalam menyemarakkan bulan suci Ramadan.

"Menag gagal fokus. Menjelang Ramadan, semestinya menag memotivasi dan membesarkan hati umat Islam agar menyemarakkan Ramadan, sehingga kualitas iman dan amal makin meningkat. Mengapa justru fokus pada pengeras suara?" kata Jazuli dalam siaran persnya, Jumat (8/3).

Menurut dia, toleransi umat Islam dan umat-umat agama lain dalam menjalankan ibadah sudah baik dan tidak ada masalah sejak dahulu. Oleh karena itu, Jazuli mengingatkan menag agar jangan salah paham tentang toleransi bangsa ini.

Jazuli mengatakan semarak Ramadan dengan aktivitas tarawih, tadarus Al-Qur'an, pengajian, itu semua bagian dari semangat beribadah dan syiar komitmen beragama yang baik untuk pembangunan bangsa.

"Itu sudah berlangsung lama, bukan hanya saat Yaqut jadi Menteri Agama. Selama ini tidak ada masalah," ungkap Jazuli.

Dia menambahkan semarak syiar melalui pengeras suara di bulan suci ini bukan masalah toleransi. Selain itu, lanjut Jazuli, waktunya pun bukan pada saat waktu orang beristirahat.

Menurut dia, takmir masjid dan umat Islam juga pasti punya kontrol sosial yang baik, agar syiar itu diterima dengan baik dan tidak mengganggu orang lain.

Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mempersoalkan SE Menag tentang penggunaan pengeras suara saat Ramadan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close