Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PKW Kemendikbudristek Lahirkan Wirausaha Muda, Angkat Kearifan Lokal

Minggu, 01 September 2024 – 20:52 WIB
PKW Kemendikbudristek Lahirkan Wirausaha Muda, Angkat Kearifan Lokal - JPNN.COM
Gelar wicara menghadirkan empat narasumber, yaitu Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Tatang Muttaqin; Ketua Dekranasda Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, Harta Rohana Situmorang; Lulusan PKW Tekun Tenun dan Kriya dari Dekranasda Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Maria Devita; dan desainer muda, pengusaha, sekaligus pemengaruh (influencer), Ariy Arka. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun dan Kriya merupakan program khusus Kemendikbudristek melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi.

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Tatang Muttaqin mengatakan, ini sekaligus menjadi program kolaborasi dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang berlangsung sejak 2020.

Menurut Tatang, ada dua dampak penting dari PKW. Pertama, melahirkan wirausaha muda. Kata penting dari wirausaha muda adalah bagaimana dia sukses bukan hanya menghasilkan uang, tetapi juga membuka lapangan pekerjaan untuk lingkungan sekitarnya. 

Kedua, PKW membawa kebanggaan terhadap budaya, di mana sisi ini mampu mengangkat kearifan lokal, menghasilkan karya bagus, serta membawa dampak ekonomi bagi daerah tersebut. 

"PKW terus melakukan ekspansi dan berupaya menjangkau kerja sama dengan seluruh kabupaten/kota di seluruh Indonesdia, " kata Tatang dalam Gelar wicara berlangsung di Panggung Utama Jakarta Convention Center (JCC)), Sabtu (31/8).

PKW dapat diakses oleh masyarakat dengan usdia 15 sampai 25 tahun yang tidak sedang bersekolah. Para peserta nantinya akan mendapatkan bimbingan wirausaha selama satu bulan, sehingga diharapkan mampu menggugah semangat dan potensi mereka dalam berwirausaha.

Tatang menuturkan, di Pameran Kriyanusa 2024, Kemendikbudristek menampilkan stan yang berisikan karya dari lulusan PKW dari tahun 2021.- 2023. 

“Stan tersebut juga turut merepresentasikan kain tenun dari barat hingga timur Indonesdia,” ujarya.

PKW Kemendikbudristek melahirkan wirausaha muda, angkat kearifan lokal dan pemberdayaan ekonomi rakyat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA