Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Politikus Partai Berkuasa Divonis Bebas dalam Kasus Pembongkaran Masjid Bersejarah di India

Kamis, 01 Oktober 2020 – 06:47 WIB
Politikus Partai Berkuasa Divonis Bebas dalam Kasus Pembongkaran Masjid Bersejarah di India - JPNN.COM
Sejumlah pria muslim berdoa untuk kedamaian menjelang putusan atas situs religius yang bersengketa di Ayodhya, di halaman masjid di Ahmedabad, India, Jumat (8/11/2019). Foto: REUTERS/Amit Dave/nz/djo

jpnn.com, NEW DELHI - Pengadilan India membebaskan sejumlah politikus Bharatiya Janata Party (BJP) dari tuduhan terlibat pembongkaran Masjid Babri di Ayodhya, Uttar Pradesh, 28 tahun lalu. Para petinggi partai penguasa itu bebas karena pengadilan merasa tidak punya cukup bukti untuk menjerat mereka.

Pembongkaran paksa Masjid Babri pada 6 Desember 1992 berujung bentrok sehingga menyebabkan lebih dari 3.000 warga tewas. Insiden itu memicu kembali ketegangan antara pemeluk Hindu dan Islam di India.

Pembongkaran juga didukung oleh partai Hindu nasionalis, Bharatiya Janata Party (BJP), yang menyebabkan kelompok itu menang pemilihan umum.

Penasihat hukum terdakwa, Manish Kumar Tripathi mengatakan tidak ada bukti cukup yang dapat menghubungkan para tergugat sebagai dalang kerusuhan.

“Pengadilan tidak menerima bukti yang cukup, bukti yang ada tidak cukup kuat,” kata Tripathi ke para wartawan di ruang sidang, Rabu (30/9).

Ketua BJP Lal Krishna Advani merupakan bagian dari 32 orang yang dituduh terlibat persekongkolan jahat serta memicu kemarahan warga sehingga Masjid Babri yang bersejarah itu dibongkar paksa oleh massa pada 1992.

Masjid Babri berdiri di atas tanah yang menurut para pemeluk Hindu merupakan tempat kelahiran Sri Rama, salah satu tokoh yang disucikan oleh mere.

Pengadilan justru membuka kemungkinan adanya sekelompok penjahat yang berbaur bersama warga sebagai dalang kerusuhan. Hakim berpendapat Advani, Murli Manohar Joshi, dan politisi nasionalis Hindu lainnya serta eks menteri, justru berusaha menahan warga agar tidak membongkar paksa Masjid Babri.

Sejumlah politikus Bharatiya Janata Party diduga menjadi dalang pembongkaran Masjid Babri yang berujung pada bentrok antarumat beragama

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close