Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ponsel Bisa Menyebabkan Kelebihan Berat Badan?

Rabu, 21 Agustus 2019 – 22:40 WIB
Ponsel Bisa Menyebabkan Kelebihan Berat Badan? - JPNN.COM
Berat Badan. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

jpnn.com - Sepertinya, setiap hari ada saja alasan baru mengapa kita harus sedikit menjauh dengan ponsel yang kita miliki, mulai dari cahaya biru yang mengacaukan siklus tidur hingga leher yang kaku.

Sekarang ada satu lagi, dan itu adalah masalah besar, menghabiskan lima jam atau lebih per hari di ponsel pintar bisa meningkatkan peluang obesitas Anda, terutama bagi kaum muda. Hal ini menurut penelitian baru dari American College of Cardiology.

Studi ini mengikuti mahasiswa dan menemukan bahwa mereka yang menggunakan ponsel cerdas mereka lima jam atau lebih sehari memiliki 43 persen peningkatan risiko obesitas, karena penggunaan telepon yang berlebihan dikaitkan dengan penurunan aktivitas fisik.

Mereka juga lebih cenderung memiliki kebiasaan gaya hidup lain yang meningkatkan peluang mereka terkena penyakit jantung, termasuk dua kali lebih mungkin makan makanan cepat saji, makanan manis dan minuman manis.

"Adalah penting bahwa populasi umum mengetahui dan menyadari bahwa meskipun teknologi mobile tidak diragukan menarik untuk berbagai keperluan, portabilitas, kenyamanan, akses ke layanan yang tak terhitung jumlahnya, sumber informasi dan hiburan, smartphone juga harus digunakan untuk meningkatkan kebiasaan dan perilaku sehat," kata Mirary Mantilla-Morrón, penulis studi utama dan spesialis rehabilitasi jantung dan paru di Fakultas Ilmu Kesehatan di Universitas Simón Bolívar di Barranquilla, Kolombia, seperti dilansir laman Sheknows, Selasa (20/8).

Menghabiskan terlalu banyak waktu di depan smartphone memfasilitasi perilaku tidak aktif, mengurangi waktu aktivitas fisik, yang meningkatkan risiko kematian dini, diabetes, penyakit jantung, berbagai jenis kanker, ketidaknyamanan osteoarticular dan gejala muskuloskeletal.

Para peneliti mengikuti 1.060 siswa - 700 wanita dan 360 pria - di Simón Bolívar University selama enam bulan tahun lalu.

Selain peningkatan risiko obesitas bagi mereka yang menghabiskan lima jam atau lebih sehari di ponsel mereka, 26 persen dari orang-orang itu mengalami kelebihan berat badan.

Selain peningkatan risiko obesitas bagi mereka yang menghabiskan lima jam atau lebih sehari di ponsel mereka, 26 persen dari orang-orang itu mengalami kelebihan berat badan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close