Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PPLI Kenalkan Teknologi Pengolahan Limbah B3 Eco-friendly ke Dunia Industri

Rabu, 09 Agustus 2023 – 11:33 WIB
PPLI Kenalkan Teknologi Pengolahan Limbah B3 Eco-friendly ke Dunia Industri - JPNN.COM
PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) menerapkan sejumlah fasilitas modern di perusahaan industri pengolahan limbah. Foto dok PPLI

jpnn.com, CIBITUNG - PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) menerapkan sejumlah fasilitas modern di perusahaan industri pengolahan limbah asal negeri sakura Jepang, DOWA Ecosystem Co.Ltd. dan sebagian lainnya dimiliki oleh pemerintah Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Senior Engineer and Technical Support Manager, Muhammad Yusuf Firdaus dalam diskusi 'Regulasi, Implementasi, Teknologi dalam Sistem Tanggap Darurat B3 dan Limbah B3', yang digelar bagi 118 perusahaan di Kawasan Industri MM2100 Cibitung Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, PPLI memaparkan tentang teknologi yang dimiliki PPLI dalam pengolahan limbah B3 serta sistem pengelolaan limbah yang terintegrasi mulai dari pengemasan, pengangkutan, pengolahan hingga penimbunan.

"Dalam pengolahan limbah B3, fasilitas dan teknologi yang digunakan PPLI memungkinkan diterapkannya konsep ekonomi sirkular. Di mana limbah B3 tersebut bisa dimanfaatkan kembali untuk kebutuhan industri lainnya tanpa membahayakan lingkungan. Konsep itu selama ini kita kenal dengan 3R (Reduce, Reuse dan Recycle)," paparnya.

Sedangkan dalam kegiatan yang diikuti 118 perwakilan kalangan industri yang berada di Kawasan Industri BeFa tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi Syafri Donny Sirait lebih menekankan tentang regulasi Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021, tentang Pengelolaan Limbah B3 terutama pasal 828 terkait sistem tanggap darurat yang harus dimiliki oleh semua industri yang menghasilkan limbah B3.

Syafri mengharapkan semua kalangan industri di Kabupaten Bekasi memiliki sistem tanggap darurat terkait limbah B3 sehingga tidak membahayakan bagi manusia dan lingkungan sekitar kawasan industri.

Hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Manajemen Bekasi Fajar (anak perusahaan MM2100) dan PT PPLI itu diantaranya Mutiara F. Siadari, dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Muhammad Yusuf Firdaus dari PPLI dan Wowo Fadillah dari DLH Kabupaten Bekasi.

"Wujud komitmen tersebut, PPLI  dalam menyusun program lingkungan selalu online dengan moto global kami Motivate Our Planet, yaitu menjaga dan melindungi bumi," kata Manager Humas dan Legal PPLI, Arum Tri Pusposari.

PPLI selama ini dikenal sebagai perusahaan yang konsen kepada pelestarian dan penyelamatan lingkungan dari potensi pencemaran limbah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close