Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Praktisi Sebut Mekanisme FCA Bantu Tingkatkan Awareness Investor

Kamis, 13 Juni 2024 – 13:26 WIB
Praktisi Sebut Mekanisme FCA Bantu Tingkatkan Awareness Investor - JPNN.COM
Praktisi pasar modal Hans Kwee menyebut bahwa mekanisme FCA bantu tingkatkan awareness investor. Ilustrasi: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Praktisi pasar modal Hans Kwee menyatakan, Full Periodic Call Auction (FCA) dapat membuat investor lebih aware dengan saham-saham di Papan Pemantauan Khusus (PPK) dan memerhatikan risiko investasi yang dijalani. 

Manfaat utamanya, kata Hans Kwee, memang awareness. Jadi, memberikan awareness pada investor, ada saham-saham yang dalam pemantauan khusus, sehingga transaksinya, metodenya berbeda.

"Kalau investor belum mengetahui dengan pasti kondisi fundamental perusahaan tadi, sebaiknya jangan bertransaksi terhadap saham-saham tersebut,” ujar Hans, dalam keterangannya, Kamis (13/6).

Selain itu, lanjut Hans, metode FCA dalam Papan Pemantauan Khusus juga dapat meningkatkan awareness bagi emiten terkait.

Dia mengungkapkan, ada emiten bursa yang kinerjanya bagus tetapi kurang aware dengan sahamnya di Bursa dan hanya fokus pada bisnis utamanya.

Dengan demikian, ketika likuiditasnya rendah atau harga saham turun, sehingga masuk PPK, serta ditransaksikan secara FCA.

Diharapkan emiten tersebut dapat berusaha memperbaiki sehingga sahamnya dapat ditransaksikan dengan lebih baik lagi di bursa.

"Papan Pemantauan Khusus menaikkan awareness baik investor dan emiten-nya. Selama bisnis dia masih jalan, seharusnya dia berusaha keluar dari sana. Nah, bagaimana caranya? Dia memperbaiki masalah yang dia hadapi, sehingga dia bisa keluar dari sana,” ucapnya.

Praktisi pasar modal Hans Kwee menyebut bahwa mekanisme FCA bantu tingkatkan awareness investor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close