Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pria Ini Jadi Tersangka Kasus Perdagangan Orang, Janjinya Kasih Gaji Besar

Selasa, 13 Juni 2023 – 20:54 WIB
Pria Ini Jadi Tersangka Kasus Perdagangan Orang, Janjinya Kasih Gaji Besar - JPNN.COM
Tersangka TPPO digelandang ke sel tahanan Polres Bondowoso, Jatim. Selasa (13/6/2023) ANTARA/Humas Polres Bondowoso

jpnn.com, BONDOWOSO - Polres Bondowoso, Jawa Timur (Jatim) mengungkap kasus dugaan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) ke Malaysia.

Dalam beraksi, tersangka AWR merekrut dan memberangkatkan pekerja migran Indonesia atau PMI ilegal ke Malaysia dengan iming-iming gaji besar.

Kapolres Bondowoso AKBP Bimo Ariyanto menyebut tersangka AWR ditangkap di rumahnya Desa Grujugan Kidul, Kecamatan Grujugan, Bondowoso.

"Kasus ini berhasil diungkap setelah salah satu korban atas nama Mujiarto melapor ke Polres," kata AKBP Bimo Ariyanto dalam keterangan di Polres Bondowoso, Jatim, Selasa (13/6).

Tersangka AWR melakukan perekrutan, penampungan, pengiriman, serta penyerahan tenaga kerja untuk diberangkatkan Ke Malaysia sebagai pekerja migran ilegal.

Pria itu juga menarik dana biaya keberangkatan dan janji pekerjaan dengan gaji besar. Namun apa yang dijanjikan tidak sesuai fakta karena AWR hanya mengambil keuntungan dari korban.

"Tersangka memberangkatkan korban ke Malaysia secara ilegal melalui perbatasan dan ditelantarkan. Tersangka mengirim korban kepada seseorang untuk dipekerjakan untuk mendapatkan keuntungan," tutur Bimo.

Pelaku ini sejak Juni 2022 melakukan perekrutan, menampung serta mengirim calon pekerja migran ilegal dari rumah tersangka.

Ini lho tampang tersangka perdagangan orang yang menjanjikan gaji besar bagi PMI ilegal yang diberangkatkan ke Malaysia. Korbannya banyak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close