Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Prof Purnawan Sebut 3 Sumber Penularan Corona, Jangan Remehkan!

Minggu, 29 Maret 2020 – 16:34 WIB
Prof Purnawan Sebut 3 Sumber Penularan Corona, Jangan Remehkan! - JPNN.COM
Prof dr Purnawan mengingatkan tentang tiga sumber penularan virus corona, COVID-19 . Foto: Humas BNPB

jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat harus mewaspadai tiga sumber penularan virus corona jenis baru Covid-19 yang mungkin dilupakan dan dianggap remeh. Padahal hal tersebut sangat dekat dan sering terjadi di lingkungan anda.

Ketua Aliansi Telemedia Indonesia Prof. dr. Purnawan saat berbicara di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, mengatakan ketiga sumber penularan Covid-19 adalah barang-barang yang dikirim secara daring, uang tunai, serta interaksi antara cucu dan kakek.

"Barang-barang yang kita terima secara online itu kan kita tidak tahu bagaimana prosesnya, bagaimana yang ngantar, ini harus kita lakukan sebagai benda terinfeksi," kata Purnawan Minggu (29/3).

Uang tunai potensial jadi sumber penularan, karena alat tukar itu dipegang oleh banyak orang, berpindah dari satu orang ke orang lainnya.

Sehingga uang tunai bisa menjadi penularan Covid-19. Oleh karena itu itu perlu perlakuan khusus saat menggunakan uang tunai.

"Uang cash itu akan menular dari orang ke orang jadi itu harus ada caranya. Kalau saya, pegangnya pakai plastik dan saya taruh di tempat khusus di rumah," lanjut Purnawan.

Hal ketiga yang menjadi sumber penularan adalah interaksi antara kakek dan cucu.

Menurut Purnawan agak riskan terjadi penularan, karena kakek termasuk kelompok berisiko yakni usia lanjut.

Prof dr Purnawan menyebut ada tiga sumber penularan virus corona, COVID-19, yang sering tidak mendapatkan perhatian warga masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close