Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Puan Ingatkan Pemerintah Agar Tak Buru-buru Terapkan New Normal

Senin, 01 Juni 2020 – 16:50 WIB
Puan Ingatkan Pemerintah Agar Tak Buru-buru Terapkan New Normal - JPNN.COM
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020 secara virtual dari rumah dinas di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (1/6).

Puan bertugas membacakan naskah Pembukaan UUD 45 sebagai bagian dari rangkaian upacara yang diikuti Presiden Joko Widodo dan seluruh pimpinan lembaga negara.

Puan menjelaskan 75 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 1 Juni 1945, Bung Karno berpidato di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Puan menyatakan di dalam pidatonya tersebut, Bung Karno memperkenalkan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara Indonesia.

"Itu mengapa tanggal 1 Juni dinyatakan sebagai Hari Lahir Pancasila," kata Puan dalam siaran persnya, Senin (1/6).

Puan menambahkan Bung Karno di dalam pidatonya 1 Juni 1945 menjelaskan bahwa intisari dari Pancasila adalah gotong royong.

Menurut dia, gotong royong dijelaskan Soekarno sebagai suatu paham yang dinamis. Lebih dinamis dari kekeluargaan. Gotong royong menggambarkan satu usaha, satu amal, satu pekerjaan.

Gotong royong adalah pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat bersama, perjuangan bantu-binantu bersama. Amal semua buat kepentingan bersama, keringat bersama buat kebahagiaan bersama.

DPR mengingatkan pemerintah agar tidak terburu-buru dalam melaksanakan the new normal agar tidak memunculkan kebingungan baru di masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close