Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Puji Sikap PDIP Tolak Israel di Piala Dunia U-20, HNW: Sesuai Dicontohkan Bung Karno

Rabu, 22 Maret 2023 – 16:58 WIB
Puji Sikap PDIP Tolak Israel di Piala Dunia U-20, HNW: Sesuai Dicontohkan Bung Karno - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) memuji sikap PDIP menolak kedatangan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 lantaran sesuai dicontohkan Bung Karno. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) mengapresiasi sikap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang menolak kedatangan Timnas Israel pada Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Politikus senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menilai sikap yang ditunjukkan PDIP tersebut sesuai yang dicontohkan Bung Karno.

Dia pun mengingatkan pemerintah agar seharusnya bersikap yang sama.

Menurut HNW, sikap PDIP melalui Ketua DPP Bidang Keagamaan dan Ketua Bamusi Hamka Haq dan kader PDIP yang merupakan Gubernur Bali I Wayan Koster yang secara terbuka menolak kedatangan Timnas Israel main di Bali, sudah sesuai dengan konstitusi dan teladan yang pernah dicontohkan Presiden Soekarno.

"Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi pemerintah dan PSSI untuk tidak mengikuti sikap penolakan tersebut, dan menindaklanjutinya dengan mendesak FIFA untuk mencabut keikutsertaan Israel dalam ajang Piala Dunia U-20," kata HNW melalui keterangan tertulis, Rabu (22/3).

HNW menyebut langkah tersebut juga pernah dilakukan Komite Olimpiade Internasional (IOC) dengan pertimbangan kemanusiaan pernah mencabut keikutsertaan Rhodesia (sekarang Zimbabwe) hanya beberapa hari sebelum penyelenggaraan Olimpiade pada 1972.

"Sehingga Rhodesia tidak bisa ikut bertanding dalam Olimpiade musim panas di Munich,” imbuhnya.

Alumnus Universitas Islam Madinah itu mengatakan sikap dan alasan PDIP tersebut merupakan kelanjutan dari sikap yang lebih dahulu disampaikan PKS dalam menolak kehadiran Timnas Israel.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) memuji sikap PDIP menolak kedatangan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 lantaran sesuai dicontohkan Bung Karno

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close