Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Puti Guntur Soekarno Dukung Kebijakan Pemkot Surabaya Mengganti PR dengan Penumbuhan Karakter

Kamis, 10 November 2022 – 12:35 WIB
Puti Guntur Soekarno Dukung Kebijakan Pemkot Surabaya Mengganti PR dengan Penumbuhan Karakter - JPNN.COM
Anggota Komisi X DPR Puti Guntur Soekarno. Foto: Dokumen pribadi for JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi X DPR Puti Guntur Soekarno mendukung kebijakan Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, yang mulai Kamis (10/11), menghapus pekerjaan rumah atau PR bagi pelajar SD dan SMP, dan menggantikan dengan program penumbuhan karakter siswa.

Legislator yang membidangi pendidikan dan kebudayaan ini menilai kebijakan itu sangat positif, karena bobot pembangunan karakter dengan pembelajaran sekolah yang lainnya harus berimbang sebagaimana diamanatkan dalam kurikulum pendidikan nasional.

Anggota DPR Fraksi PDIP itu juga mendukung upaya Pemkot Surabaya melalui Dinas Pendidikan yang ingin menciptakan pola pembelajaran pendalaman karakter yang diberlakukan dengan melatih siswa menjadi lebih aktif, mandiri, dan berani berpendapat.

"Saya setuju dan mengapresiasi langkah Pemkot Surabaya yang ingin mengajak anak lebih aktif membuat proyek atau kegiatan positif lain dengan ekstrakurikuler. Tentu harus dibuat agar menyenangkan dalam proses, tetapi jelas manfaatnya untuk membangun karakter nasional,” kata Puti dalam keterangan tertulisnya, Kamis (10/11).

Alumnus Universitas Indonesia ini mengatakan program penumbuhan karakter siswa selama tujuannya untuk menguatkan upaya nation and character building sangatlah relevan guna mengimbangi kemajuan teknologi informasi.

Menurut dia, digitalisasi sektor pendidikan bukan saja berdampak positif, tetapi juga memiliki dampak negatif, seperti siswa menjadi egois dan kurang interaksi sosial. “Memberikan pendidikan yang melatih gotong royong sebagai penumbuhan karakter jelaslah itu bermakna dan manfaat,” pungkas Puti.

Puti yang juga Visiting Professor di Kokushikan University Jepang ini menyarankan perlunya proyek pembelajaran yang menitikberatkan pengenalan berkebudayaan dalam kepribadian nasional, misalnya dengan belajar praktik seni tradisi atau modern disandingkan dengan mengaji bagi muslim dan mengajari toleransi.

"Seperti di negeri Jepang misalnya, ilmu pengetahuan dan teknologinya sangat maju tetapi karakter bangsa Jepang masih sangat kokoh,” kata mantan calon wakil gubernur Jawa Timur ini.

Puti Guntur Soekarno mendukung kebijakan Pemkot Surabaya menghapus pekerjaan rumah atau PR bagi pelajar SD dan SMP di Surabaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close