Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Putu Rudana: Alutsista Kontingen Garuda Indobatt di Lebanon Perlu Ditingkatkan

Jumat, 19 Mei 2023 – 10:57 WIB
Putu Rudana: Alutsista Kontingen Garuda Indobatt di Lebanon Perlu Ditingkatkan - JPNN.COM
Ketua Delegasi BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana dan rombongan mengadakan pertemuan dengan Prajurit Pasukan Garuda Indonesia Battalion (Indobatt) di Lebanon selama beberapa hari sejak Sabtu, 13 Mei 2023. Foto: dokumentasi BKSAP

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Delegasi Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana dan rombongan mengadakan pertemuan dengan Prajurit Pasukan Garuda Indonesia Battalion (Indobatt) di Lebanon selama beberapa hari sejak Sabtu, 13 Mei 2023.

Putu bersama Ketua BKSAP DPR Fadli Zon dan rombongan juga melakukan peninjauan ke Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Frans Kaisiepo-368 yang sedang bertugas dalam misi Maritime Task Force-United Nations Interim Force in Lebanon (MTF-UNIFIL).

Kedatangan BKSAP disambut hangat oleh Duta Besar (Dubes) RI untuk Lebanon Hajriyanto Tohari; Direktur Binops PMPP TNI Kolonel Inf Haris Isya Siregar; dan Komandan Kontingen Garuda UNIFIL Kolonel Infanteri Syafruddin.

Putu menyebut Kontingen Garuda Indobatt perlu didukung penuh, baik dari pemerintah RI maupun parlemen, terutama terkait alat utama sistem persenjataan (Alutsista).

“Kontingen Garuda perlu didukung penuh dalam peningkatan alutsista, perlengkapan, dan berbagai kebutuhan, khususnya kendaraan juga peremajaan genset," ucap Putu melalui keterangannya pada Jumat (19/5).

Dia mengatakan KRI Frans Kaisiepo-368 bertugas melakukan patroli dan pengamatan di Area of Maritime Operation (AMO) dan maritime interdiction operation (MIO) guna mengantisipasi aksi penyelundupan senjata serta material berbahaya masuk ke Lebanon.

“Mendukung LAF-N (LebanesenArmed Force Navy) dalam meningkatkan kemampuan operasional menjaga wilayah laut teritorial melalui pelatihan,” tutur legislator Partai Demokrat itu.

Beberapa tugas lain dari KRI Frans Kaisiepo-368, antara lain berupa search and rescue (SAR) Kapal Refugee pada 31 Desember 2022.

Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana menyebut alutsista Kontingen Garuda Indobatt di Lebanon perlu ditingkatkan. Begini situasi di sana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close