Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

PWI Pusat Dorong Optimisme Ekonomi Nasional Cepat Pulih

Kamis, 27 Oktober 2022 – 18:14 WIB
PWI Pusat Dorong Optimisme Ekonomi Nasional Cepat Pulih - JPNN.COM
Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesis (PWI) Pusat, Atal S Depari. Foto: dari Humas PWI

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian berharap media massa dan insan pers turut menyebarkan optimisme di tengah masyarakat dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional.

"Di luar negeri, media memberitakan tentang resesi sehingga terjadi kepanikan di masyarakat. Pengusaha menahan ekspansi usahanya, sebagian nasabah berbondong-bondong menarik dana di bank," kata Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir pada seminar nasional 'Peran Pers Terhadap Pemulihan dan Kebangkitan Ekonomi Indonesia' yang diinisiasi PWI Pusat di Jakarta, Kamis (27/10).

Menurut dia, seluruh komponen masyarakat termasuk pers harus berkontribusi menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional setelah pandemi Covid-19.

"Lockdown atau pembatasan skala kecil seperti PPKM membuat aktivitas ekonomi menjadi terhenti karena orang berada di dalam rumah," ujar Iskandar.

PWI Pusat Dorong Optimisme Ekonomi Nasional Cepat Pulih
Seminar nasional Peran Pers Terhadap Pemulihan dan Kebangkitan Ekonomi Indonesia' yang diinisiasi PWI Pusat di Jakarta, Kamis (27/10). Foto: dari Humas PWI

Ketika semua orang di rumah maka sulit memproduksi barang. "Tidak mungkin melalui Zoom atau seminar seperti sekarang. Sehingga akhirnya apa yang terjadi, disrupsi," katanya.

Pemerintah pun mengambil sejumlah langkah di antaranya implementasi UU Cipta Kerja, pemberian stimulus fiskal, hingga optimalisasi tim pengendali inflasi di tingkat pusat dan daerah demi berjalannya perekonomian.

"Sekali lagi peran media dibutuhkan untuk mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah agar tata kelolanya dalam jalur yang benar," katanya.

PWI Pusat menginisiasi seminar nasional Peran Pers Terhadap Pemulihan dan Kebangkitan Ekonomi Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close