Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ratusan Anak Punk dan Preman Diciduk

Rabu, 29 Februari 2012 – 12:21 WIB
Ratusan Anak Punk dan Preman Diciduk - JPNN.COM
RANGKAIAN operasi antipremanisme bersandi ”Operasi Kilat Jaya 2012” yang digelar Polres Metro Jakarta Timur menciduk anak punk dan preman sebanyak 131 orang. Seluruh sasaran itu dijaring dari jalanan di 39 titik berbeda. Operasi itu digelar serempak se-Indonesia menyusul maraknya aksi premanisme terutama di Ibu Kota.  Dari jumlah tersebut, 11 orang ditahan karena terbukti melakukan tindak kejahatan.

Sedangkan 120 orang lainnya dikirim ke Panti Sosial Kedoya, Jakarta Barat, untuk dibina. Razia anak punk dan preman ini akan terus dilakukan selama sebulan ke depan bersama aparat Muspika Jakarta Timur. Kabag Humas Polres Metro Jakarta Timur Kompol Didik Haryadi, mengatakan sejumlah anak punk dan preman itu dijaring oleh petugas polres di tujuh titik rawan. Di antaranya di Terminal Pulogadung, Terminal Kampung Rambutan dan sejumlah titik lainnya.

Sedangkan di tingkat polsek, razia melibatkan jajaran muspika masing-masing. Dari 10 polsek yang ada, hanya Polsek Pulogadung dan unsur muspika setempat yang belum menggelar razia anak punk dan preman.  Dari 11 preman yang diproses hukum karena terbukti melakukan tindak pidana, masing-masing dua orang dijerat pasal 368 KUHP tentang Pemerasan. Kemudian satu orang dijerat Pasal 351 KUHP tentang Penganiayaan, dua orang dijerat Undang-Undang Darurat No 12 Tahun 1951 karena membawa senjata tajam.

Selain itu, dua orang dijerat pasal 362 KUHP tentang pencurian dan empat orang lainnya dikenai pasal 170 KUHP karena melakukan pengeroyokan. ”Seluruh anak punk langsung dibina. Mereka juga kita ambil foto dan sidik jarinya. Sedangkan yang terbukti melakukan tindak pidana, kita proses sesuai hukum. Mereka umumnya wajah-wajah lama. Kami juga mengimbau seluruh lapisan masyarakat, jika merasa terganggu oleh ulah preman atau anak punk, segera laporkan ke polsek terdekat,” terang Didik kemarin.

RANGKAIAN operasi antipremanisme bersandi ”Operasi Kilat Jaya 2012” yang digelar Polres Metro Jakarta Timur menciduk anak punk dan preman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA