Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Reaksi Ansy Lema DPR Setelah Mendapat Kiriman Video dari Para Nelayan NTT

Jumat, 22 Mei 2020 – 02:50 WIB
Reaksi Ansy Lema DPR Setelah Mendapat Kiriman Video dari Para Nelayan NTT - JPNN.COM
Kepala BKIPM Kupang Jimmy Y Elwaren menyerahkan bantuan kepada para nelayan di Kota Kupang disaksikan Tenaga Ahli DPR RI Chiko Hurek Making dan Yustinus Oswin M yang mewakili Anggota DPR RI Ansy Lema. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, KUPANG - Anggota Komisi IV DPR RI Yohanis Fransiskus Lema bekerja sama dengan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kupang Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membagikan bantuan ikan segar dan produk olahan ikan dalam bentuk nugget serta abon ikan kepada masyarakat Kota Kupang yang terdampak pandemi covid-19.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan pada Jumat (15/5/2020) di berbagai titik di Kota Kupang.

Politikus muda PDI Perjuangan yang akrab dipanggil Ansy Lema tersebut mengisahkan ihwal bantuan ikan segar tersebut.

Ide membagi ikan muncul ketika ia mendapat kiriman video dari nelayan di Kota Kupang. Dalam video tersebut, para nelayan terpaksa menguburkan ikan yang membusuk karena tidak kunjung dikirim ke konsumen. Oversupply ikan dan ketiadaan cold storage (lemari es penyimpan ikan) membuat para nelayan sangat terdesak karena dampak Covid-19.

Ansy Lema mengaku mendapat kiriman video dari para nelayan yang terpaksa menguburkan ikan tangkapan yang sudah membusuk. Nelayan menyampaikan keluhan mereka tentang dampak pandemi covid-19 terhadap sektor kelautan dan perikanan di NTT.

“Saat ini, menurut mereka (nelayan, red), tangkapan ikan banyak tetapi permintaan pasar menurun drastis karena terdampak pandemi covid-19. Permintaan pasar domestik di luar NTT dan pasar internasional dalam kondisi lesu. Ketiadaan pabrik pengolahan ikan dan cold-storage membuat ikan tidak bisa disimpan terlalu lama, sehingga membusuk,” kisah Ansy Lema di Jakarta, Selasa (19/5/2020).

Nelayan berharap Komisi IV DPR dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memikirkan jalan keluar (solusi) agar nelayan tetap bisa menjual ikannya.

Oleh karena itu, pada saat Raker bersama Menteri KKP Edhy Prabowo, Selasa (14/4/2020) Ansy menyampaikan aspirasi nelayan NTT tersebut. Usulan itu juga datang dari beberapa anggota Komisi IV yang menyampaikan keluhan yang sama di daerah lain.

Ansy Lema mengaku mendapat kiriman video dari para nelayan yang terpaksa menguburkan ikan tangkapan yang sudah membusuk.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close