Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Refleksi Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021

Oleh: Dr. H. Jazilul Fawaid, S.Q., M.A - Wakil Ketua MPR RI Periode 2019-2024

Senin, 31 Mei 2021 – 20:00 WIB
Refleksi Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021 - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI Dr. H. Jazilul Fawaid atau Gus Jazil. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com - Presiden Joko Widodo pada 2016 menetapkan 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila melalui Keputusan Presiden No. 24 Tahun 2016.

Penetapan tersebut merupakan suatu hal yang sangat penting dan bernilai strategis bagi bangsa Indonesia sebagai salah satu upaya untuk mengarusutamakan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara melalui refleksi yang bersifat tahunan.

Bangsa Indonesia diajak untuk merenungkan kembali aspek filosofis dan historis dari kelahiran Pancasila sebagai ideologi, dasar negara, serta pedoman hidup bangsa Indonesia.

Peringatan hari lahir Pancasila tahun ini mengusung tema “Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh”

Tema tersebut sangat relevan apabila dikaitkan dengan situasi dan kondisi hari ini. Harus jujur diakui bahwa nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila mulai tergerus.

Arus globalisasi yang sangat masif dan masuknya anasir budaya luar yang tidak cocok dengan budaya bangsa menjadi penyebabnya. Hal ini menjadi makin kompleks ketika Indonesia menghadapi beragam ancaman yang dapat menggoyahkan persatuan dan kesatuan.

Oleh karena itu, refleksi terhadap hari kelahiran Pancasila menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Pembelajaran

Bangsa Indonesia diajak untuk merenungkan kembali aspek filosofis dan historis dari kelahiran Pancasila sebagai ideologi, dasar negara serta pedoman hidup bangsa Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close