Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Reshuffle Berdasar Letupan Politik, 10 Kali Ganti Menteri pun Percuma

Rabu, 01 Juli 2020 – 12:27 WIB
Reshuffle Berdasar Letupan Politik, 10 Kali Ganti Menteri pun Percuma - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengaku sudah mengingatkan Presiden Jokowi sebelum membentuk Kabinet Indonesia Maju.

Presiden Jokowi diingatkan agar tidak salah memilih menteri.

"Jangan sampai nanti karena salah memilih menteri, Jokowi disibukkan dengan reshuffle berkali-kali," kata Pangi, Rabu (1/7).

Menurut Pangi, gonta-ganti menteri berkali-kali dapat memperlambat akselarasi kerja kementerian itu sendiri. Sebab, ujar dia, menteri baru harus beradaptasi kembali dan mulai dari nol lagi.

"Hal tersebut sekarang mulai terungkap dan terkonfirmasi, banyak menteri yang nampaknya tidak mampu mengimbangi ritme kerja presiden," jelasnya.

Analis politik yang karib disapa Ipang itu menyatakan bahwa letupan-letupan yang menjadi indikator reshuffle kabinet adalah letupan politik, bukan kinerja.

Sehingga, lanjutnya, mau dua sampai sepuluh kali reshuffle pun tidak akan punya korelasi linear terhadap kinerja pemerintah, selama perombakan kabinet hanya berbasiskan letupan politik semata.

Ipang menjelaskan apabila intervensi partai politik dalam penyusunan kabinet dan reshuffle cukup tinggi, maka ini akan mereduksi kekuasaan presiden yang memiliki hak prerogatif.

Jika reshuffle kabinet harus dilakukan, Presiden Jokowi diingatkan agar tidak salah memilih menteri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close