Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Resmikan 15 MPP Baru, Menpan RB: Pelayanan Publik yang Bagus Tak Lagi Hanya di Jawa

Senin, 24 Juni 2024 – 21:14 WIB
Resmikan 15 MPP Baru, Menpan RB: Pelayanan Publik yang Bagus Tak Lagi Hanya di Jawa - JPNN.COM
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dalam Peresmian Bersama Mal Pelayanan Publik di Jakarta, Senin (24/6/2024). Foto: ANTARA/HO-Humas Kementerian PANRB

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas meresmikan 15 Mal Pelayanan Publik (MPP) yang baru, Senin (24/6).

Di masing-masing MPP tersebut terdapat ratusan layanan yang tersedia untuk warga dalam satu tempat. Dengan penambahan jumlah MPP baru tersebut, kini ada 206 MPP se-Indonesia.

“Yang patut kita syukuri, sekarang jumlah MPP makin banyak di luar Jawa, sehingga pelayanan publik yang bagus tidak hanya terpusat di Jawa. Artinya konsep Indonesia-Sentris tidak hanya terkait infrastruktur fisik, tetapi juga terkait pelayanan publik,” kata Anas dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Dia menegaskan dengan hadirnya pusat pelayanan publik tersebut pemerintah daerah diminta agar mengedepankan fungsi pelayanan salah satunya dengan melakukan survei kepada publik untuk memantau kinerja pelayanan.

“Oleh karena itu harapan saya nanti Bapak Bupati, Ibu Bupati, Wali Kota lakukan survei setiap enam bulan minimal, melakukan survei kepada publik melalui lembaga survei apakah meningkat kepuasan rakyat dengan adanya MPP ini,” ujarnya.

Untuk memastikan hal tersebut, Anas juga meminta agar jajaran di Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB untuk melakukan survei dan turun langsung ke lapangan dan melihat indikator-indikator pelayanan publik berjalan dengan baik atau tidak.

“Maka jika Mal Pelayanan Publik telah diresmikan dan fungsi-fungsi pelayanan nanti bapak/ibu bupati kerjakan, tetapi kepuasan publik kepada bapak masih belum naik berarti ini ada sesuatu,” jelas Anas.

Ia menyampaikan bahwa dirinya telah meninjau langsung beberapa MPP yang telah diresmikan secara online.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas meresmikan 15 Mal Pelayanan Publik (MPP) yang baru, Senin (24/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA