Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Respons Deklarator KAMI soal Pemerintah Pakai Duit Rakyat untuk Biayai Influencer

Jumat, 21 Agustus 2020 – 15:21 WIB
Respons Deklarator KAMI soal Pemerintah Pakai Duit Rakyat untuk Biayai Influencer - JPNN.COM
Aplikasi Instagram dan Twitter di ponsel. Foto/ilustrasi: Ayatollah Antoni/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Deklarator Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Edy Mulyadi menilai pemerintah tidak memedulikan kesulitan rakyat.

Penilaian Edy itu didasari temuan Indonesia Corruption Watch (ICW) tentang dana Rp 90,45 miliar yang digelontorkan pemerintah untuk membiayai influencer di media sosial.

"Ini menjadi bukti penguasa tidak peduli dengan beban dan kesulitan rakyat. Ketika sebagian besar rakyat pontang-panting berjuang memenuhi kebutuhan dasar hidup yang harganya makin tak terjangkau, penguasa seenaknya menggelontorkan dana amat besar untuk influencer," kata Edy melalui layanan pesan kepada awak media, Jumat (21/8).

Sebagai rakyat, Edy merasa tidak rela anggaran negara dipakai pemerintah untuk membayar influencer. Sebab, pemerintah memperoleh uang itu dari rakyat.

"Tentu saja, sebagai rakyat saya tidak rela uang pajak saya digunakan untuk membiayai rezim humas. Ada pertanggungjawaban atas penggunaan uang rakyat secara ilegal. Bukan hanya di dunia, tetapi hingga akhirat," ungkap Edy.

Sebelumnya peneliti ICW Egi Primayogha mengungkapkan bahwa pemerintah pusat telah menggelontorkan dana Rp 90,45 miliar hanya untuk influencer sejak 2014. ICW mengumpulkan data itu dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Namun, total anggaran belanja pemerintah pusat terkait aktivitas digital sejak 2014 mencapai Rp 1,29 triliun. Kenaikan signifikan terjadi dari 2016 ke 2017.

Pada 2016, anggaran untuk aktivitas digital hanya Rp 606 juta untuk 1 paket pengadaan saja. Namun pada 2017, angkanya melonjak menjadi Rp 535,9 miliar untuk 24 paket pengadaan.

Pemerintah dianggap tidak peka dengan kesulitan rakyat. Sebab, pemerintah justru menggelontorkan dana besar ke influencer untuk menyosialisasikan program.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close