Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Respons Ketua DPR RI Terkait Perkembangan Penyebaran Virus Corona

Selasa, 03 Maret 2020 – 23:53 WIB
Respons Ketua DPR RI Terkait Perkembangan Penyebaran Virus Corona - JPNN.COM
Ketua DPR RI Puan Maharani bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani ikut mencermati perkembangan penyebaran virus corona di Indonesia. Tercatat, sudah ada 2 orang warga Depok, Jawa Barat yang positif terinfeksi virus tersebut.

Sehubungan dengan persoalan tersebut, Ketua DPR RI menyampaikan beberapa pernyataan sekaligus imbauan sebagai berikut:

Pertama, keselamatan dan kesehatan warga negara adalah yang utama sehingga pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus corona harus menjadi prioritas sebelum kita berbicara tentang dampak ekonomi dan lain-lain terkait wabah Covid-19 ini.

Kedua, Pemerintah RI segera melakukan penanganan wabah virus corona secara terpusat agar terkoordinasi, terpadu, dan terintegrasi. Penyelenggaraan penanggulangan wabah dapat diserahkan kepada BNPB atau Kelembagaan lain yang efektif sesuai aturan perundang-undangan.

Adanya Tim penanggulangan wabah secara nasional ini penting untuk menjamin kehadiran negara dalam penanggulangan penyebaran virus corona sehingga meyakinkan seluruh masyarakat bahwa Indonesia selalu waspada, siaga, dan serius dalam menangani virus corona. Tim ini bekerja 24 jam nonstop, 7 hari dalam sepekan.

Ketiga, Tim penanggulangan virus corona mengoordinasikan langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan secara nasional untuk memastikan protocol pencegahan dan penanggulangan berjalan sesuai standard operation and procedure (SOP) penanganan epidemi Covid-19.

Keempat, Pemerintah segera mengambil tindakan proaktif dalam rangka pencegahan dan penindakan dengan mendatangi warga, komunitas atau kelompok-kelompok yang rentan terpapar virus korona dengan melakukan tes medis.

Kelima, Pemerintah  agar mengambil langkah-langkah transparan dengan terus memperbaharui informasi tentang kasus, tindakan penanganan serta sosialisasi tentang pencegahan menggunakan seluruh platform media agar masyarakat tidak termakan kabar hoaks tentang kasus korona. Pemerintah juga harus melindungi identitas pasien virus corona.

Ketua DPR RI Puan Maharani ikut mencermati perkembangan penyebaran virus corona di Indonesia. Tercatat, sudah ada 2 orang warga Depok, Jawa Barat yang positif terinfeksi virus tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close