Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Reverse Diet Efektif Menurunkan Berat Badan?

Senin, 11 November 2019 – 05:17 WIB
Reverse Diet Efektif Menurunkan Berat Badan? - JPNN.COM
Berat Badan. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

jpnn.com - Tampil prima dengan berat badan ideal adalah harapan setiap orang. Tak heran bila banyak orang melakukan beragam cara diet demi mencapai postur tubuh yang mereka inginkan. Salah satu metode diet yang kini ramai dibicarakan adalah reverse diet.

Adaptasi tubuh setelah diet

Sebelum lebih jauh mengenal reverse diet, Anda perlu tahu apa yang terjadi pada tubuh saat menjalani diet. Setelah beberapa waktu menjalani diet ketat, Anda telah berhasil menurunkan berat badan hingga mencapai angka yang diinginkan.

Sampai di sini, mungkin Anda merasa puas dan mulai tidak menjaga lagi apa yang Anda makan. Anda merasa boleh makan apa saja karena beranggapan berat badan Anda telah ideal.

Tak perlu menunggu waktu lama, Anda pun menyadari bahwa berat badan telah naik kembali dengan mudahnya.

Hal tersebut terjadi karena selama proses diet ketat yang Anda jalani, tidak hanya berat badan Anda yang turun, sistem metabolisme dalam tubuh pun mengalami perubahan. Laju metabolisme dasar (basal metabolic rate/BMR) Anda akan menurun setelah proses diet yang panjang.

Tubuh Anda jadi lebih lambat mengolah makanan dan mengubahnya menjadi energi. Setelah periode diet tersebut diakhiri dan Anda mulai makan seperti sediakala, tubuh tidak lagi mampu mengolahnya dengan cepat. Akhirnya, terjadi penumpukan lemak yang berakhir dengan peningkatan berat badan.

Tak hanya dalam mengolah makanan, ketika melakukan aktivitas fisik pun jumlah energi yang dihasilkan akan relatif lebih sedikit. Semua ini terjadi karena tubuh beradaptasi terhadap diet yang Anda lakukan sebelumnya.

Setelah beberapa waktu menjalani diet ketat, Anda telah berhasil menurunkan berat badan hingga mencapai angka yang diinginkan.

Sumber klIkdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close