Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ribuan Jamaah Terhambat ke Arafah

200 Petugas Haji Terjebak Banjir

Kamis, 26 November 2009 – 01:24 WIB
Ribuan Jamaah Terhambat ke Arafah - JPNN.COM
Foto : AP
MAKKAH - Sekitar tiga juta jamaah haji yang hendak menuju ke Arafah dan Mina terjebak hujan deras di Makkah kemarin. Khusus untuk 210 ribu lebih jamaah Indonesia bahkan belum bergerak ke lokasi pelaksanaan puncak haji (wukuf) di Padang Arafah karena sekitar 200 petugas haji yang menyambut mereka belum datang.

Para petugas haji itu dalam perjalanan menuju Arafah. Kendaraan yang mereka tumpangi terjebak dalam banjir di pusat kota Jeddah dan sepanjang jalan tol dari Jeddah ke Makkah. Sesuai protap PPIH (Panitia Penyelenggara Ibadah Haji) di Arab Saudi, petugas haji Jeddah bertugas menyambut jamaah di Arafah. Sedang petugas haji Makkah dan Madinah bertugas di Mudzalifah dan Mina.

Wartawan Jawa Pos Baehaqi ikut berada dalam rombongan petugas haji Jeddah. Dia melaporkan, hingga pukul 17.00 waktu Jeddah atau pukul 20.00 WIB, empat bus petugas berusaha keluar dari genangan banjir di kawasan Sulaimaniyah. Kawasan ini merupakan jalan terdekat menuju Makkah. "Kami terpaksa berada di atap bus untuk jaga-jaga," kata Baehaqi saat dihubungi dari Surabaya, tadi malam.

Menurut dia, hujan deras sejak pukul 07.30 waktu Jeddah membuat jalanan di pusat kota digenangi air. Ketinggian air awalnya sekitar 25 sentimeter. Namun, hujan yang makin deras membuat genangan air menjadi satu meter. Mobil-mobil pun menjadi mogok. Sekitar 20 mobil di jalanan di kawasan Sulaimaniyah hanyut terseret air bah. Sebagian mobil bahkan tumpang tindih. "Kami sempat panik karena air masuk ke tangga bus," jelas Baehaqi. Para petugas haji Jeddah berharap bisa sampai ke Arafah sebelum pukul 00.00. Namun, kondisi jalanan tampaknya tidak memungkinkan rencana tersebut. Apalagi, empat lajur jalan tol Jeddah-Makkah mengalami macet luar biasa.

MAKKAH - Sekitar tiga juta jamaah haji yang hendak menuju ke Arafah dan Mina terjebak hujan deras di Makkah kemarin. Khusus untuk 210 ribu lebih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close