Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Roy Suryo Soroti Rencana Pemadaman TV Analog Mulai 17 Agustus ini

Kamis, 15 Juli 2021 – 15:09 WIB
Roy Suryo Soroti Rencana Pemadaman TV Analog Mulai 17 Agustus ini - JPNN.COM
Ilustrasi - Pakar telematika Roy Suryo. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar Telematika Roy Suryo mempertanyakan keseriusan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melakukan pemadaman siaran televisi analog mulai 17 Agustus mendatang.

Pasalnya, Roy merasa sosialisasi kepada masyarakat terkait rencana peralihan televisi analog ke televisi digital, masih sangat minim.

Dia juga menilai masyarakat belum siap, apalagi di tengah situasi pandemi COVID-19 yang tak juga mereda.

"Pemerintah gamang dan masyarakat tidak siap, apalagi saat ini berada di tengah-tengah pandemi COVID-19," ujar Roy dalam keterangannya yang diterima, Kamis (15/7).

Roy khawatir tanpa sosialisasi yang gencar dilakukan terkait peralihan televisi analog ke digital, hanya akan mengakibatkan kekisruhan baru.

Apalagi saat pemadaman televisi analog mulai diberlakukan 17 Agustus mendatang, masyarakat yang belum memiliki perangkat digital tidak bisa lagi menikmati siaran televisi.

"Saya bisa membayangkan tanpa sosialisasi yang baik, seperti sekarang ini, jangankan rakyat, kemkominfo pun tampak belum sepenuhnya paham soal teknologi yang digunakan, bisa-bisa akan terjadi kekacauan massal," ucapnya.

Roy menyebut migrasi televisi analog ke digital juga berpotensi merenggut tayangan-tayangan gratis yang selama ini dinikmati masyarakat.

Pakar telematika Roy Suryo menyoroti rencana Kemkominfo memadamkan siaran televisi analog mulai 17 Agustus nanti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close