Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rusia Kirim 14 Jet Tempur ke Libya, Respons Amerika Bikin Situasi Makin Gawat

Sabtu, 30 Mei 2020 – 15:11 WIB
Rusia Kirim 14 Jet Tempur ke Libya, Respons Amerika Bikin Situasi Makin Gawat - JPNN.COM
Tentara Amerika Serikat. Foto: Reuters

jpnn.com, WASHINGTON - Situasi di Libya makin panas. Selang beberapa hari Rusia mengirim 14 jet tempur ke negara Afrika Utara tersebut, Amerika Serikat mengumumkan rencana menempatkan pasukan di Tunisia. 

"Seiring dengan Rusia yang terus memanasi konflik di Libya, pengamanan kawasan di Afrika Utara menjadi perhatian besar," tulis Komando AS di Afrika dalam sebuah pernyataan, Jumat (29/5).

"Kami sedang mencari cara untuk menangani kekhawatiran bersama soal pengamanan dengan Tunisia, termasuk penggunaan Brigade Bantuan Pasukan Keamanan kami," komando militer AS melanjutkan.

Seperti diketahui, wilayah Libya dan Tunisia berbatasan secara langsung.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Tunisia dalam pernyataannya menyebut bahwa AS adalah mitra utama negara dalam upaya membangun kapabilitas operasional tentara Tunisia.

Pentagon melaporkan bahwa militer Rusia telah mengirimkan jet tempur 14 MiG 29 dan Su-24 ke pangkalan udara Tentara Nasional Libya di Distrik Jufra pada Rabu (27/5) lalu. Namun, hal itu disanggah oleh pihak Libya dan anggota parlemen Rusia.

Rusia bersama Mesir dan Uni Emirat Arab mendukungkelompok pemberontak Tentara Nasional Libya (LNA) pimpinan Marsekal Khalifa Haftar. Sementara di sisi lain ada emerintahan Persatuan Nasional (GNA) yang disokong Turki. (ant/dil/jpnn)

Amerika Serikat akhirnya bereaksi terhadap langkah Rusia mengirim 14 jet tempur ke Libya, situasi pun makin panas

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close