Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rusunawa Komaruddin Jaktim Terbengkalai

Sabtu, 01 Juni 2013 – 16:31 WIB
Rusunawa Komaruddin Jaktim Terbengkalai - JPNN.COM
KETIKA banyak dibutuhkan rumah susun (rusun) untuk relokasi warga tak layak huni, ternyata masih ada  rusun yang terbengkalai di Jakarta ini. Itulah kondisi  rusun sewa (rusunawa) Komaruddin yang terletak di Jalan Pangeran Komaruddin RT 004/08, Kelurahan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Rusun-rusun di sana tak dihuni, tidak terurus, bahkan materialnya banyak yang dijarah.

Di setiap sudut terlihat ilalang liar setinggi sekitar 50 cm. Cat tembok enam twin blok rusun di areal seluas tiga hektar itu  sudah banyak yang terkelupas. Corat-coret menghiasi hampir semua dinding di setiap bangunan. Sementara empat kolam yang semula digunakan untuk sistem drainase menjadi tempat bermain bebek.

Parahnya lagi, instalasi kabel dan material  bangunan darialumunium yang berdada di empat dari enam twin blok Rusunawa Komaruddin dijarah. ”Karena sempat menjadi rusun tak bertuan, kabelnya semua habis, alumunium untuk kerangka jendela juga sebagian sudah dijarah,” kata Tasin, 50, mantan petugas keamanan Rusun Komaruddin.

Penjarahan di rusunawa berlangsung dalam rentang 2010 hingga 2011 awal. Ketika ituu tidak ada petugas keamanan rusunawa.  betatapa tidak,  sekitar empat penjaga tidak  diperpanjang masa tugasnya. Sebelumnya keempat penjaga  sempat tidak digaji selama satu tahun. Pengembang yang memperkerjakan para petugas keamanan itu lepas tangan.

 

KETIKA banyak dibutuhkan rumah susun (rusun) untuk relokasi warga tak layak huni, ternyata masih ada  rusun yang terbengkalai di Jakarta ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA