Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sabang Laporkan Kasus Pertama Positif Covid-19

Jumat, 26 Juni 2020 – 22:59 WIB
Sabang Laporkan Kasus Pertama Positif Covid-19 - JPNN.COM
Ilustrasi COVID-19. Foto: covid19.kemkes.go.id

jpnn.com, SABANG - Pemerintah Kota Sabang melaporkan kasus pertama warga positif terpapar COVID-19, dengan begitu masyarakat di daerah Pulau Weh tersebut diimbau tidak panik dan tetap meningkatkan kewaspadaan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sabang dr Titik Yuniarti, Jumat, mengatakan hasil uji sampel usap (swab) hidung dan tenggorokan terhadap dua pasien dari Sabang telah diketahui, salah satu di antatanya positif terpapar COVID-19.

“Hasil swab test terhadap balita berusia enam bulan negatif COVID-19, sedangkan kakaknya NAU, 16 tahun, positif COVID-19," kata Titik, di Sabang.

Dia menjelaskan, sebelumnya kakak beradik tersebut telah dilakukan tes cepat, lantaran sang bayi tersebut memiliki gejala demam saat menjenguk kakanya yang diopname di Rumah Sakit Umum Kota Sabang.

Hasil tes cepat kedua mereka tersebut reaktif. Selanjutnya dilakukan uji sampel usap dengan metode polymerase chain reaction (PCR) di Balai Litbangkes Aceh, dan dinyatakan positif salah satunya.

"Oleh karena itu kita meminta warga Sabang tidak panik, tetap waspada, dan terus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19," katanya.

Pascalaporan kasus positif perdana tersebut, pasien dirujuk ke RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh menggunakan KM Sabang Sejahtera untuk mendapatkan perawatan yang intensif.

Sementara, lanjut dia, petugas medis yang betugas di Rumah Sakit Umum Kota Sabang yakni dokter dan perawat juga telah diambil uji sampel usap, namun hasilnya negatif COVID-19.

Pemerintah Kota Sabang melaporkan kasus pertama warga positif terpapar COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close