Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Saksi Rahasia Bakal Ungkap Peran Politikus Malaysia di Kasus Pemerkosaan WNI

Selasa, 06 April 2021 – 22:33 WIB
Saksi Rahasia Bakal Ungkap Peran Politikus Malaysia di Kasus Pemerkosaan WNI - JPNN.COM
Terdakwa pelaku pemerkosaan terhadap TKI di Perak, Paul Yong saat menghadiri sidang di Mahkamah Perak beberapa waktu lalu. Foto: ANTARA/Agus Setiawan.

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Pihak penuntut pada kasus pemerkosaan pembantu WNI yang melibatkan anggota dewan Tronoh, Perak, Paul Yong, akan mengajukan permohonan kepada dua saksi untuk bersaksi di bawah Undang-Undang Perlindungan Saksi 2009.

"Kedua saksi tersebut adalah peserta program perlindungan saksi berdasarkan undang-undang tersebut," ujar Kepala Kejaksaan Negara Bagian Perak Jamil Aripin kepada Hakim Abdul Wahab Mohamed di Perak, Selasa.

Sebelumnya Paul Yong (51) mengaku tidak bersalah atas tuduhan pemerkosaan terhadap pembantunya di rumahnya di Taman Meru Desa pada 7 Juli 2019 antara pukul 8.15 hingga 21.15 waktu setempat.

Jamil mengatakan pihaknya ingin kedua saksi memberikan keterangannya sesuai dengan Pasal 265 (A) KUHAP agar identitas dan keterangannya tidak terungkap dan hanya perlu diajukan ke pengadilan.

"Kedua saksi sudah menyatakan keinginannya untuk memberikan keterangan di depan kamera tanpa terlihat oleh terdakwa dan pengacaranya,” ujarnya.

Dia mengatakan masyarakat dan media juga dilarang membuka informasi tentang saksi yang dilindungi.

"Yang dimaksud dengan identitas tidak hanya latar belakang, informasi atau lokasi saksi, tetapi juga mencakup hal-hal yang dapat menyebabkan terungkapnya identitas mereka, seperti pengenalan wajah para saksi," katanya.

Dia mengatakan membiarkan terdakwa dan pengacaranya melihat para saksi akan mengarah pada pengungkapan identitas, meskipun pihak-pihak tertentu, termasuk pengacara dan terdakwa, sudah mengetahui identitas saksi yang dilindungi.

Sebelumnya, politikus Malaysia, Paul Yong (51) mengaku tidak bersalah atas tuduhan pemerkosaan terhadap WNI

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close