Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sapi Impor Berhenti, Sapi Lokal Kebanjiran Permintaan

Selasa, 14 Juni 2011 – 09:47 WIB
Sapi Impor Berhenti, Sapi Lokal Kebanjiran Permintaan - JPNN.COM
PENDAPA–Dihentikannya impor sapi dari Australia menjadi berkah tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Malang. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang menilai langkah yang dilakukan Australia membuat sektor peternakan sapi di wilayahnya semakin berkembang.  Apalagi produksi sapi di Kabupaten Malang surplus dan tidak membutuhkan tambahan sapi import.

Indikasi surplus tersebut menurut PLT Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sujono didapat dari perbandingan antara kebutuhan sapi harian dengan jumlah kelahiran sapi lewat inseminasi buatan per tahunnya.

”Kebutuhan sapi per hari antara 55 hingga 66 ekor sapi sementara jumlah kelahiran sapi per tahunnya mencapai 39.183 kelahiran. Jadi posisi Kabupaten Malang masih surplus untuk memenuhi kebutuhan lokal,” kata Sujono, kemarin.

Selain surplus, wilayah penghasil sapi juga cukup merata di 33 kecamatan di wilayah Kabupaten Malang. Namun dari jumlah tersebut beberapa kecamatan terlihat lebih unggul sebagai daerah penghasil sapi, yaitu Kecamatan Donomulyo, Pagak, Kalipare, dan Bantur. Dari seluruh wilayah kecamatan ini menghasilkan populasi sapi pertahun dengan jumlah 110 ribu hingga 115 ribu ekor sapi untuk sapi potong dan 50 ribu hingga 60 ribu untuk sapi perah.

PENDAPA–Dihentikannya impor sapi dari Australia menjadi berkah tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Malang. Dinas Peternakan dan Kesehatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close