Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Saran Pengamat untuk Amien Rais sebelum Kebacut Bikin Partai Baru

Minggu, 30 Agustus 2020 – 21:12 WIB
Saran Pengamat untuk Amien Rais sebelum Kebacut Bikin Partai Baru - JPNN.COM
TOKOH REFORMASI: Amien Rais dalam jumpa pers di rumahnya di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan, Jumat (2/6). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Ari Junaedi menilai rencana mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mendirikan parpol baru cukup masuk akal.

Ari mengatakan, mendirikan parpol baru merupakan cara Amien memainkan peran dan hegemoninya yang telah meredup, terutama setelah tersisih dari PAN. ?

Namun, Ari menilai prospek partai baru besutan Amien tak akan bagus. "Era Amien Rais sudah khatam sehingga ketokohan beliau sudah tidak menjadi magnet daya tarik lagi," ujar Ari di Jakarta, Minggu (30/8).

Dosen di Universitas Indonesia ini menyebut Amien yang semula dikenal sebagai tokoh reformasi, kini selalu menganggap dirinya benar dan orang lain salah.

"Alih-alih dikenal sebagai tokoh reformasi, malah lebih dikenal penuh kontroversi ketimbang prestasi," ucapnya.

Selain itu, Ari juga punya argumentasi untuk menguatkan prediksinya soal partai baru Amien bakal berprospek suram. Mantan wartawan itu mengatakan, era milenial menuntut partai yang bisa menampung aspirasi politik kaum muda.

"Jangankan partai baru, partai induknya saja, PAN, saya kira juga akan tergerus di pemilu mendatang," ulas Ari.

Oleh karena itu Ari menyarankan agar Amien tetap bertahan di PAN sembari menyusun strategi untuk mengegolkan jagonya menjadi ketua umum pada kongres yang akan datang.

Pengamat komunikasi politik Ari Junaedi menyebut rencana Amien Rais mendirikan parpol baru merupakan cara mantan ketua umum PAN itu memainkan peran dan hegemoninya yang telah meredup.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close