Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Satgas Minta Pemda Karantina Pendatang dari Luar Daerah 5 Hari

Selasa, 11 Mei 2021 – 21:19 WIB
Satgas Minta Pemda Karantina Pendatang dari Luar Daerah 5 Hari - JPNN.COM
Prof Wiku Adisasmito. Foto: dok covid19goid

jpnn.com, JAKARTA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 meminta pemerintah daerah mengarantina pendatang dari luar wilayahnya. Karantina itu harus dilakukan selama 5 X 24 jam atau lima hari.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan karantina itu wajib dilakukan untuk mencegah penularan corona di daerah.

"Saya meminta kepada pemerintah daerah dan satgas di daerah untuk melakukan karantina selama lima kali 24 jam bagi masyarakat yang datang dari luar daerahnya," kata Wiku dalam konferensi pers Satgas Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (11/5).

Wiku meminta adanya optimalisasi Posko Pencegahan Covid-19 yang di masing-masing desa atau di tingkat kelurahan.

Dia menyayangkan masih adanya masyarakat yang tetap nekat melakukan mudik, meski telah dikeluarkan larangan oleh pemerintah. Larangan mudik itu sebagai salah satu langkah mencegah penularan Covid-19.

Menurut Wiku, dampak dari masih adanya masyarakat yang mudik tersebut, dapat dilihat dalam dua sampai tiga pekan usai kegiatan mudik.

"Pada prinsipnya terdapat potensi peningkatan kasus apabila masyarakat terus memaksakan diri untuk melakukan mudik, karena mereka berpeluang tertulari dan menularkan Covid-19," ujarnya.

Wiku meminta masyarakat bersabar dan tidak melakukan silahturahmi fisik, dan memanfaatkan teknologi untuk melakukan bersilaturahmi secara virtual.

Satgas Penanganan Covid-19 meminta pemerintah daerah mengarantina pendatang dari luar wilayahnya selama 5 x 24 jam. Karantina itu wajib dilakukan untuk mencegah penularan corona di daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close