Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Satu Wajah Baru di Kabinet Jokowi Itu adalah Prabowo, Lihat Gayanya

Rabu, 23 Oktober 2019 – 15:27 WIB
Satu Wajah Baru di Kabinet Jokowi Itu adalah Prabowo, Lihat Gayanya - JPNN.COM
Prabowo Subianto (tengah) menjadi salah satu wajah baru di kabinet Jokowi. Foto: M. Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Prabowo Subianto menjadi salah satu wajah baru dalam kabinet Jokowi. Selain Prabowo, ada juga Mahfud MD, Tito Karnavian hingga Nadiem Makarim.

Namun, wajah baru dalam kabinet Jokowi ini bukanlah orang baru dalam kancah politik, bisnis, kepolisian, TNI, hukum, dan lainnya. Kebanyakan nama mereka sudah tersohor sebelum menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju. Mereka juga sudah pernah menempati jabatan strategis di bidang lain, baik itu hukum, kepolisian, TNI, bisnis, maupun calon presiden.

JPNN.com merangkum profil singkat beberapa nama baru yang kini duduk dalam Kabinet Indonesia Maju, membantu Jokowi – Ma’ruf Amin menjalankan roda pemerintahan. (boy/jpnn)

Beberapa wajah baru di Kabinet Jokowi:

1. Prabowo Subianto. Dia adalah Ketua Umum Partai Gerindra. Dua kali menjadi calon presiden, rival Jokowi. Satu kali menjadi calon wakil presiden, mendampingi capres Megawati Soekarnoputri. Jabatan strategis di TNI juga pernah diemban mantan menantu Presiden Kedua RI Soeharto itu. Antara lain, Danjen Kopassus dan Pangkostrad. Kini, Prabowo dipercaya menjabat Menteri Pertahanan. Pada Kabinet Kerja, jabatan Menhan dipercayakan kepada Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu.

2. Mohamad Mahfud MD. Dia sekarang dipercaya menjadi Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam). Pos yang diisi Jenderal (Purn) Wiranto pada Kabinet Kerja. Karier Mahfud sangat lengkap di dunia eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Pria kelahiran Sampang, Madura, Jawa Timur, 13 Mei 1957, itu pernah menjadi menteri pertahanan pada era Presiden Keempat RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Mahfud menjabat Menhan sejak 26 Agustus 2000 sampai 20 Juli 2001. Kemudian, Mahfud pernah menjabat menteri kehakiman dan HAM pada 2001. Periode 2004-2009, Mahfud MD menjadi anggota DPR dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Pada 2008 Mahfud terpilih menjadi hakim konstitusi. Mahfud MD melenggang menjadi ketua Mahkamah Konstitusi (MK) pada 2008-2013. Kini, Mahfud menjabat anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

3. Tito Karnavian. Pria kelahiran Palembang, Sumatera Selatan, 26 Oktober 1964 ini sebelumnya menjabat Kapolri. Kini, alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1987 itu dipercaya menjadi Menteri Dalam Negeri. Nama Tito sangat dikenal luas publik. Peraih Adhi Makayasa atau lulus terkaik Akpol pada 1987 ini pernah mengemban berbagai jabatan strategis di Polri. Antara lain, Kepala Densus 88 Antiteror, Kapolda Papua, Kapolda Metro Jaya, Asisten Kapolri Bidang Perencanaan Umum dan Anggaran (Asrena) Kapolri, dan Kepala  Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

4. Fachrul Razi. Dia dipercaya menjadi Menteri Agama di Kabinet Indonesia Maju. Pria kelahiran Banda Aceh 26 Juli 1947 itu pernah menjabat Wakil Panglima TNI. Jebolan Akademi Militer 1970 itu pernah pula menjabat Gubernur Akmil, Kepala Staf Umum ABRI (sekarang TNI), Sekretaris Jenderal Departemen Pertahanan (sekarang Kementerian Pertahanan).

Selain Prabowo Subianto, wajah baru lainnya di kabinet Jokowi ialah Mahfud MD hingga Nadiem Makarim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close