Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

SBY Putuskan Moratorium TKI ke Arab Saudi

Kirim Surat Khusus ke Raja Arab Saudi

Kamis, 23 Juni 2011 – 10:47 WIB
SBY Putuskan Moratorium TKI ke Arab Saudi - JPNN.COM
Foto: Dok. JPNN.
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya secara resmi mengumumkan penghentian sementara (moratorium) pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Arab Saudi. Keputusan moratorium ini menjadi salah satu dari 6 (enam) Instruksi Presiden SBY terkait masalah ketenagakerjaan.

Hal ini diumumkan SBY dalam konferensi pers yang digelar di Istana Negara, Kamis (23/6). SBY juga meminta tiga menteri terkait untuk ikut memberikan penjelasan, di antaranya Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa, Menteri Hukum dan HAM (menkumham) Patrialis Akbar, serta Menakertrans Muhaimin Iskandar.

Kematian Ruyati binti Satubi, TKI yang dihukum pancung di Arab Saudi, diakui SBY telah membuat banyak pihak memberikan komentar. Untuk itulah katanya, pemerintah perlu memberikan penjelasan guna meluruskan segala pemberitaan.

"Karena saya menyimak dan mendengarkan, cukup banyak komentar, kritik, bahkan serangan terhadap pemerintah. Baik dari politisi, pengamat, anggota DPR, dan itu memang dibenarkan dalam negara demokrasi. Tapi pemerintah juga berhak memberikan penjelasan tentang fakta, apa dan bagaimana selama ini upaya yang telah dilakukan," tegas SBY.

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya secara resmi mengumumkan penghentian sementara (moratorium) pengiriman Tenaga Kerja Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA